Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cari Kesempatan dari Penghentian Pelabuhan RMK Energy, MAS juga Melanggar Lingkungan?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 30 September 2023, 19:57 WIB
Cari Kesempatan dari Penghentian Pelabuhan RMK Energy, MAS juga Melanggar Lingkungan?
Pelabuhan PT RMK Energy/RMOLSumsel
rmol news logo Penyetopan operasional pelabuhan PT RMK Energy oleh Dirjen Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), disinyalir menjadi kesempatan bagi pelabuhan terminal khusus batubara lain di sepanjang Sungai Musi, untuk memaksimalkan aktifitasnya.  

Salah satunya, adalah pelabuhan terminal khusus batubara milik PT Muara Alam Sejahtera (MAS). Namun, berdasarkan catatan Kantor Berita RMOLSumsel, dua pelabuhan milik dua perusahaan ini nyatanya tak lepas dari pelanggaran lingkungan.

PT MAS, yang berlokasi di Jalan Inspeksi 13, Pelabuhan Inklaring Kertapati diketahui pernah disidak oleh Komisi IV DPRD Sumsel bersama Dinas ESDM dan Dinas LHP pada Juli 2021. Aktifitas perusahaan ini disebut tidak memiliki analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) dan izin lingkungan.

Saat itu, tim juga menemukan keluhan masyarakat akibat debu batubara yang mengganggu aktifitas, sehingga disinyalir melampaui baku mutu udara.

Lokasi stockpile tidak hanya berada di dekat pemukiman masyarakat, tetapi juga situs bersejarah yakni Masjid Ki Merogan yang jadi salah satu ikon kebudayaan di Palembang.

PT MAS merupakan bagian dari Baramulti Grup yang kerap bersinggungan dengan permasalahan lingkungan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA