Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Miris, 4.792 Keluarga di Johar Baru Buang Air Besar di Kali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widodo-bogiarto-1'>WIDODO BOGIARTO</a>
LAPORAN: WIDODO BOGIARTO
  • Jumat, 15 September 2023, 13:51 WIB
Miris, 4.792 Keluarga di Johar Baru Buang Air Besar di Kali
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono/Ist
rmol news logo Masalah sanitasi lingkungan masih menjadi pekerjaan rumah (PR) Pemprov DKI Jakarta. Sebab, hingga kini masih ada warga ibu kota yang tidak memiliki tangki septik hingga buang air besar langsung ke kali.

Seperti yang dilakukan ribuan warga yang tinggal di kawasan padat, kumuh dan miskin, serta belum memiliki fasilitas mandi cuci kakus (MCK) yang memadai.

Sebab itu, Pemprov DKI Jakarta berencana membantu membangun MCK bersifat komunal yang bersih untuk menjaga lingkungan yang bersih dan sehat.

Untuk membangun MCK komunal tersebut, Pemprov DKI bakal menggandeng berbagai perusahaan besar dalam program bantuan corporate social responsibility (CSR).

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, mengakui adanya masalah tersebut di wilayahnya. Misalnya di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat, yang ditengarai sekitar 4.792 keluarga yang masih belum memiliki MCK.

“Iya nanti kita minta sama teman-teman (melakukan) CSR untuk bangun (toilet komunal),” kata Heru di kawasan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (15/9).

Meski begitu, Heru belum dapat menjelaskan secara rinci seperti apa CSR yang disasar dan target pembangunan fasilitas tersebut.

Heru hanya mengatakan bahwa rencana pembangunan toilet komunal tersebut masih terus dibahas bersama dinas terkait.

Sebelumnya, anggota DPRD DKI Jakarta asal Fraksi PKS Karyatin Subiyantoro menyebutkan, 4.792 keluarga di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, tidak memiliki fasilitas MCK.

Persoalan itu diungkap Karyatin saat menyampaikan pandangan umum Fraksi PKS terhadap Raperda tentang Perubahan APBD DKI Jakarta tahun anggaran 2023 di ruang paripurna Gedung DPRD DKI, Rabu (13/9).

“Di Kecamatan Johar Baru misalnya, masih ada 4.792 kepala keluarga yang belum memiliki MCK,” ujar Karyatin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA