Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Getaran Gempa Bantul DIY 6,4 Magnitudo Dirasakan Hingga Jawa Timur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 30 Juni 2023, 22:25 WIB
Getaran Gempa Bantul DIY 6,4 Magnitudo Dirasakan Hingga Jawa Timur
Ilustrasi/Net
rmol news logo Getaran gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo (M) yang berpusat di Barat Daya Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada pukul 19.57 WIB, Jumat malam (30/6) turut dirasakan oleh warga yang berada di Jawa Timur.

“Guncangan gempa juga dirasakan warga Trenggalek, Provinsi Jawa Timur dengan intensitas sedang hingga kuat selama 20 detik,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya beberapa saat lalu.

Abdul mengatakan, Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BNPB telah berkoordinasi dengan Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) yang terdampak.

“Pusdalops BNPB akan terus memonitor dan melakukan koordinasi dengan beberapa BPBD di wilayah DIY, Jateng dan Jawa Timur. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD di wilayah terdampak telah berada di lapangan untuk melakukan pendataan dan pemantauan,” tuturnya.

Abdul menambahkan, berdasarkan kesaksian warga di beberapa wilayah merasakan guncangan kuat. Guncangan dengan intensitas kuat dirasakan warga Kabupaten Bantul, Kulon Progo dan Gunung Kidul di DIY, sedangkan di Provinsi Jateng, antara lain dirasakan warga di Kota Surakarta, Kabupaten Kebumen dan Klaten.

Berdasarkan parameter Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa M6,4 berpusat di 86 km barat daya Bantul, DIY, dengan kedalaman 25 km.

“Dilihat pemodelan BMKG, pusat gempa yang berada di laut ini tidak berpotensi tsunami,” tandasnya. rmol news logo article

 

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA