Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peresmian Masjid Al Jabbar Sisakan 1,9 Ton Sampah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 03 Januari 2023, 00:58 WIB
Peresmian Masjid Al Jabbar Sisakan 1,9 Ton Sampah
Tumpukan sampah yang dibersihkan dari areal Masjid Al Jabbar/Net
rmol news logo Gegap gempita peresmian Masjid Raya Al Jabbar pada Jumat (30/12), ternyata menyisakan pekerjaan rumah besar. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat mencatat 1,9 ton sampah dihasilkan selama peresmian Masjid Raya Al Jabbar.

"Total sampah yang dibersihkan dari areal Masjid Al Jabbar sebanyak 1,9 ton yang terdiri dari berbagai jenis, dan yang terbanyak adalah plastik, dan yang berhasil dipilah untuk diolah lebih dari 200 kilogram," kata Kepala DLH Jabar, Prima Mayaningtias dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Senin (2/1).

Prima mengaku, pihaknya telah mengantisipasi persoalan sampah sebelum peresmian Masjid Raya Al Jabbar. Antisipasi itu dengan menyediakan tempat sampah di setiap titik.

Akan tetapi, antusiasme masyarakat sangat tinggi sehingga kurang memperhatikan keberadaan tempat sampah.

"Sudah kita sediakan tempat sampah, namun, ya, itu kembali terhadap kesadaran masyarakat," tuturnya.

Selain menyediakan tempat sampah, DLH Jabar bekerja sama dengan Forum Bank Sampah Jawa Barat, DLH Kota Bandung, Bank Sampah Induk Kota Bandung, Yayasan Go Green Kota Cimahi, Green Generation, dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk melakukan pengelolaan sampah pada peresmian Masjid Raya Al Jabbar.

"Pengelolaan sampah dimulai dari menempatkan tempat sampah terpilah di 30 titik di sekeliling Masjid Al Jabbar, pengangkutan sampah ke tempat penampungan, penyisiran serta pemilahan sampah," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA