Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teluk Tomini Diguncang Gempa Tektonik 5 Magnitudo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 03 November 2021, 23:35 WIB
Teluk Tomini Diguncang Gempa Tektonik 5 Magnitudo
Ilustrasi/Net
rmol news logo Gempa tektonik mengguncang Teluk Tomini, Sulawesi Tengah pada pukul 21.11 WIB, Rabu (3/11).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, episenter gempa di Teluk Tomini berada pada koordinat 0,37° LS;124,02° BT, jarak 81 km arah Tenggara Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara.

Gempa tektonik yang disebabkan aktivitas subduksi laut Maluku tersebut terjadi pada kedalaman 61 km, dan termasuk gempa bumi menengah.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, menerangkan hasil analisis pihaknya mengenai kejadian gempa ini.

"Mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya, Rabu malam (3/11).

Bambang mengurai, guncangan gempa teluk Tomini tersebut juga dirasakan di daerah Luwuk, Bunta dan Salakan getaran yang dirasakan warga nyata dalam rumah seperti getaran seakan-akan truk berlalu.

Selain itu, di Kotamobagu dan Bolaang Mongondow Selatan getaran dirasakan hanya oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga Bambang memberikan keterangan terkait gempa ini, dipastikan tidak ada gempa susulan atau aftershock terjadi.

Namun, Bambang mengimbau warga sekitar agar tetap waspada dan tidak terpengaruh isu-isu yang tidak dipertanggungjawabkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA