Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Harapan Gubernur, Festival Nusa Penida Dongkrak Ekonomi Warga Lokal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Senin, 07 Oktober 2019, 02:03 WIB
Harapan Gubernur, Festival Nusa Penida Dongkrak Ekonomi Warga Lokal
Prosesi Upacara Pakelem/Net
rmol news logo Seribu penari Rejang memenuhi jalanan sepanjang pesisir Pantai Banjar Nyuh, yang berada di Desa Ped, Nusa Penida, Klungkung, Bali pada Minggu (6/10).
HUT 79 RI

Mereka menari Renjang Renteng, tarian sakral yang menjadi ritual dalam upacara Mualang Pekelem. Upacara ini sengaja digelar untuk membuka secara resmi Nusa Penida Festival (NPF) 2019. Gelaran yang sudah berlangsung dari 5 Oktober dan akan resmi berakhir pada 8 Oktober.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didaulat untuk membuka secara resmi acara tersebut. Dalam sambutannya, dia menguraikan bahwa rangkaian Upacaru Mualang Pakelem merupakan bagian dari visi misi Gubernur Bali, I Wayan Koster.

“Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, yang salah satunya adalah segara atau samudra kertih,” ujarnya.

Dia menguraikan bahwa segara atau samudra kertih merupakan permohonan atau bentuk syukur atas kekayaan alam laut yang melimpah di Bali. Khusus di Nusa Penida, sumber-sumber air dapat berfungsi baik, sehingga masyarakat perlu melakukan upacara menyucikan laut.

Lebih lanjut, Suwirta menaruh harapan besar agar NPF 2019 bisa meningkatkan membawa dampak pada sektor pariwisata daerah. Terutama, sambungnya, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.

"Namun, saya selalu mengimbau kepada masyarakat untuk selalu bersyukur. Masyarakat harus ingat bahwa di saat kita ramai jangan lupa sepi karna dulu asal muasal kita sepi,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA