Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPK Hormati Proses Hukum Alexander Marwata di Polda Metro

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 15 Oktober 2024, 21:40 WIB
KPK Hormati Proses Hukum Alexander Marwata di Polda Metro
Jurubicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto/RMOL
rmol news logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghormati proses hukum yang sedang berjalan di Polda Metro Jaya dengan pihak terlapor Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata.

"KPK pada prinsipnya menghormati setiap proses hukum, termasuk yang sedang berlangsung di Polda Metro Jaya. KPK juga kooperatif dengan menyampaikan informasi yang dibutuhkan dalam proses pemeriksaan tersebut," kata Jurubicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa, 15 Oktober 2024.

Tessa menjelaskan, Alexander telah memberikan pernyataan bahwa pertemuan dengan mantan Kepala Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto (ED) dilakukan secara terbuka bersama staf, serta atas sepengetahuan dan izin dari pimpinan KPK lainnya. Bahkan, pertemuan itu terjadi sebelum adanya proses hukum di KPK terhadap Eko Darmanto.

"Tentunya KPK tidak mengintervensi proses penyelidikan yang berlangsung di Polda Metro Jaya. Dan sekali lagi, bahwa hari ini Pak Alexander Marwata hadir itu menunjukkan beliau juga kooperatif atas dugaan yang sedang disangkakan kepada beliau. Tentunya KPK akan mendukung prosesnya bisa terang benderang dan tidak ada hal yang perlu ditutup-tutupi dalam perjalanan kegiatan penyelidikan tersebut," pungkas Tessa.

Alex sendiri telah menjalani pemeriksaan di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya selama 10 jam pada hari ini.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, Alex telah menjalani pemeriksaan selama 10 dengan 24 pertanyaan.

"Penyelidik mengajukan 24 pertanyaan kepada Saudara Alexander Marwata dalam permintaan keterangan atau klarifikasi pada hari ini," kata Ade dalam keterangan resmi.

Alex dilaporkan ke Polda Metro Jaya melalui pengaduan masyarakat (dumas) pada 23 Maret 2024. Hingga kini, sudah ada 23 orang saksi yang dimintai keterangan, termasuk pegawai KPK, Itjen Kemenkeu RI, hingga saksi ahli. Eko Darmanto sendiri sudah menjalani pemeriksaan 2 kali terkait kasus tersebut.rmol news logo article

EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA