Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

4 Jam Diperiksa KPK Kasus Gratifikasi dan TPPU, Suami Maia Estianty: Bukan Soal Pembelian Jam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 20 September 2023, 14:44 WIB
4 Jam Diperiksa KPK Kasus Gratifikasi dan TPPU, Suami Maia Estianty: Bukan Soal Pembelian Jam
Irwan Danny Mussry/RMOL
rmol news logo Selamat 4 jam diperiksa tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), suami penyanyi Maia Estianty, Irwan Danny Mussry, mengaku didalami soal impor barang yang berkaitan dengan mantan Kepala Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto (ED).

Hal itu disampaikan Irwan Mussry usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Eko Darmanto, sejak pukul 10.00 WIB hingga 14.10 WIB di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (20/9).

"Semua berjalan baik, saya hanya memberikan keterangan mengenai ini (impor barang), dan sisanya tanya ke tim penyidik," kata Irwan kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Rabu siang (20/9).

Saat ditanya terkait pembelian jam mewah oleh Eko Darmanto melalui dirinya, Irwan yang merupakan CEO Time International ini membantahnya.

"Bukan beli jam. Ini hanya keterangan untuk beberapa hal lain. Jadi tidak ada hubungan dengan pembelian jam, itu klir," jelasnya.

Saat ditanya soal aliran uang, Irwan menjelaskan, dirinya diperiksa terkait impor barang yang dilakukan perusahaannya. Diduga, kepabeanan impor diurus oleh Eko Darmanto. Akan tetapi, Irwan mengaku bahwa urusan kepabeanan bukan di bawahnya langsung.

"Bukan (aliran uang), karena kami perusahaan yang mengimpor, jadi mungkin ada hubungannya," pungkasnya.

Eko Darmanto telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan TPPU. Akan tetapi, KPK belum mengumumkan secara resmi status tersangka dan konstruksi perkara yang menjerat Eko.

Namun demikian, KPK telah melakukan penggeledahan di kediaman Eko Darmanto dan beberapa pihak lainnya di Tangerang Selatan, Depok Jawa Barat, dan Jakarta Utara beberapa pekan lalu.

Dari penggeledahan itu, KPK mengamankan beberapa kendaraan mewah, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Selain itu, juga diamankan berbagai tas mewah dan dokumen-dokumen.

Eko juga telah diperiksa perdana sebagai tersangka di Gedung Merah Putih KPK pada Jumat (15/9).

Dalam perkara ini, KPK juga telah mencegah Eko Darmanto dan tiga orang lainnya agar tidak bepergian ke luar negeri selama 6 bulan ke depan. Yakni Ari Muniriyanti Darmanto selaku Komisaris PT Ardhani Karya Mandiri yang juga istri tersangka Eko Darmanto, Rika Yunartika selaku Komisaris PT Emerald Perdana Sakti, dan Ayu Andhini selaku Direktur PT Emerald Perdana Sakti. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA