Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Firli Bahuri: Antikorupsi Bukan Hanya Pengakuan Sepihak, Harus Dibarengi Sistem Menjamin Perilaku Baik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 15 Februari 2022, 21:13 WIB
Firli Bahuri: Antikorupsi Bukan Hanya Pengakuan Sepihak, Harus Dibarengi Sistem Menjamin Perilaku Baik
Ketua KPK Firli Bahuri/Net
rmol news logo Pengakuan antikorupsi tidaklah cukup hanya sepihak dalam pribadi seseorang saja, melainkan harus dibarengi dengan sistem yang menjamin perilaku yang baik.

Demikian catatan ringan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang dibagikan melalui akun Twitter resminya pada Selasa malam (15/2).

“Sistem itu terdiri dari 3 hal,” kata Firli.

Yang pertama, ulas dia, adanya regulasi yang baik dan menjamin dalam regulasi tersebut tidak ada lubang yang dapat digunakan untuk melakukan tindakan menyimpang.

Kemudian kedua, lanjut Firli, adanya lembaga dan birokrasi yang transparan. Sebab, dengan transparansi birokrasi dapat menjamin perilaku lembaga negara dapat dilihat publik dan dipertanggungjawabkan.

Dan yang ketiga adanya sumber daya manusia (SDM) yang memiliki etika tinggi. Terkait hal ini, KPK, kata Firli tengah berjuang untuk menciptakan SDM yang dimaksud. Untuk mewujudkan itu, Firli berujar tak bisa dilakukan oleh KPK seorang diri yakni memerlukan kerjasama yang masif dari setiap komponen bangsa.

“Sibukan diri membersihkan dan menjaga diri dari korupsi. Karena itu lebih baik dari merasa bersih, tapi korupsi. Libatkan diri dalam pembangunan sistem yang baik,” pesannya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA