Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Awal Ramadan, Inggris Umumkan Dana Rp2,3 Triliun untuk Keamanan Muslim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 11 Maret 2024, 10:34 WIB
Sambut Awal Ramadan, Inggris Umumkan Dana Rp2,3 Triliun untuk Keamanan Muslim
Muslim Inggris/Net
rmol news logo Memasuki bulan suci Ramadan, pemerintah Inggris mengumumkan bahwa pihaknya telah menyiapkan dana sebesar 117 juta poundsterling atau Rp2,3 triliun untuk meningkatkan keamanan di situs-situs ibadah Muslim.

Menteri Dalam Negeri James Cleverly pada Minggu (10/3) mengatakan, langkah itu diambil untuk menurunkan insiden serangan terhadap Muslim yang belakangan meningkat di Inggris sejak perang Israel Hamas meletus di Jalur Gaza.

"Kami tidak akan membiarkan kejadian di Timur Tengah digunakan sebagai alasan untuk membenarkan pelecehan terhadap Muslim Inggris," ujarnya, seperti dimuat harian Le Monde.

Sebuah kelompok yang memantau kejahatan rasial terhadap komunitas Muslim bernama Tell MAMA, mencatat ada 2.010 insiden Islamophobia dalam empat bulan perang Gaza.

Jumlah itu yang terbesar dan meningkat sebesar 335 persen dari 600 insiden pada periode yang sama pada tahun 2022-2023.

Tindakan Islamophobia yang dimaksud mencakup perilaku kasar, ancaman, penyerangan, vandalisme, diskriminasi, ujaran kebencian, dan literatur anti-Muslim.

Sebuah badan amal Yahudi, Community Security Trust (CST), juga melaporkan peningkatan tajam dalam insiden anti-Semit di Inggris setelah serangan Hamas.

Badan amal tersebut, yang memantau anti-Semitisme di Inggris, mencatat 4.103 insiden kebencian anti-Yahudi sepanjang tahun 2023, yang merupakan penghitungan tahunan tertinggi sejak tahun 1984.

Jumlah tersebut mewakili peningkatan 147 persen dari 1.662 insiden yang tercatat pada tahun 2022. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA