Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PMI Korban Malapraktik RS Polandia Dipulangkan ke Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 22 Februari 2024, 16:27 WIB
PMI Korban Malapraktik RS Polandia Dipulangkan ke Indonesia
PMI AL yang koma dalam perjalanan menuju Denpasar, Bali pada Rabu, 21 Februari 2024/Ist
rmol news logo Seorang perempuan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bali berinisial AL mengalami koma setelah menjalani operasi amandel di rumah sakit Bydgoszcz, Polandia.

Menurut laporan Kementerian Luar Negeri RI pada Kamis (22/2), AL yang bekerja sebagai terapist di Polandia mengalami koma hampir setahun sejak operasi amandelnya dilakukan Februari tahun lalu.

Kedutaan Besar RI di Warsawa akhirnya memulangkan AL pada Rabu (21/2) menuju kampung halamannya di Denpasar Bali.

"Perjalanan pulang dari Polandia menuju Denpasar via Dubai didampingi Tim Medis Kementerian Luar Negeri," kata Duta Besar RI untuk Polandia, Anita Luhulima saat melepas kepulangan AL di Bandara Internasional Chopin.

Anita mengaku senang dengan kepulangan AL dan berharap dirinya mendapat perawatan terbaik didampingi dengan keluarga dekat.

"Kami mendoakan dan berharap bahwa dengan perawatan penuh kasih dari keluarga dan orang-orang terdekatnya, Bu AL dapat segera sembuh dan kondisinya bisa pulih kembali seperti sedia kala," ujarnya.

Dubes mengatakan, setibanya di Denpasar, AL akan dibawa ke RSUP Prof. Ngoerah untuk diserahterimakan ke putrinya, OSW dan selanjutnya dirawat di sana.

Pihak keluarga AL menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penanganan permasalahan AL hingga dapat dipulangkan ke Indonesia.

Sementara itu, proses hukum dugaan malapraktik terhadap RS Bydgoszcz masih berproses sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku di Polandia.

Peradilan akan dilanjutkan oleh adik AL, D yang juga bekerja sebagai PMI di Polandia. Proses ini diperkirakan memakan waktu satu sampai dua tahun hingga vonis dijatuhkan.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA