Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korban Tewas Kebakaran Hutan Chile Capai 51 Orang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Minggu, 04 Februari 2024, 18:26 WIB
Korban Tewas Kebakaran Hutan Chile Capai 51 Orang
Sebuah rumah terbakar di tengah meluasnya kebakaran hutan di Vina del Mar, Chile pada Minggu, 4 Februari 2024/Net
rmol news logo Api terus berkobar dan kebulan asap tebal menyelimuti hutan di kota Vina del Mar di kawasan wisata Valparaiso, di sepanjang garis pantai tengah Chile hingga Minggu (4/2).

Kebakaran hutan itu mengakibatkan 51 orang meninggal dunia dan jumlahnya diperkirakan terus bertambah.

"Layanan medis forensik sebelumnya melaporkan 45 kematian, namun ada enam orang lagi yang meninggal di fasilitas layanan kesehatan,” ungkap Wakil Menteri Dalam Negeri Chile Manuel Monsalve, seperti dimuat AFP.

Presiden Chile Gabriel Boric telah menetapkan kondisi darurat untuk negara bagian tengah dan selatan karena suhu rata-ratanya terus melonjak hingga lebih dari 40 derajat celcius.

"Jam malam diberlakukan mulai pukul 21.00 hari Minggu (4/2) untuk memungkinkan pasokan darurat, terutama bahan bakar sampai ke daerah yang terkena dampak," kata Boric.

Menteri Dalam Negeri Carolina Toha melaporkan telah terjadi 92 kebakaran hingga siang hari Sabtu (3/2) dengan 43.000 hektar wilayah terbakar di wilayah tersebut.

Petugas pemadam kebakaran masih berjuang memadamkan 29 kobaran api pada sore hari, sementara 40 kobaran api telah berhasil dikendalikan.

Di lereng bukit sekitar kota pesisir Vina del Mar, seluruh blok rumah terbakar dalam semalam, memaksa warga mengungsi untuk menghindari ancaman perluasan kebakaran. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA