Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Israel Ngaku Banjiri Terowongan Hamas di Gaza Pakai Air Laut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 01 Februari 2024, 08:40 WIB
Israel Ngaku Banjiri Terowongan Hamas di Gaza Pakai Air Laut
Sebuah pipa yang memompa air ke terowongan Hamas terlihat di dekat Palestine Square di lingkungan Rimal Kota Gaza, 19 Desember 2023/Net
rmol news logo Dalam upaya menghancurkan seluruh jaringan Hamas, Israel mengerahkan pasukannya untuk membanjiri terowongan di Jalur Gaza dengan air laut.

Dalam sebuah pernyataan, Israel membenarkan bahwa pihaknya melakukan operasi pengisian terowongan bawah tanah untuk menumpas militan Hamas.

"Ini adalah bagian dari serangkaian alat yang dikerahkan oleh (tentara Israel) untuk menetralisir ancaman jaringan terowongan bawah tanah Hamas,” kata IDF, seperti dikutip dari Arab News pada Rabu (30/1).

Jaringan terowongan sepanjang 500 kilometer yang dijuluki "Metro Gaza" itu diduga telah digunakan Hamas untuk melancarkan serangan bawah tanah kepada Israel.

Isu tentang pengisian air di terowongan Gaza telah banyak dilaporkan sejak Desember tahun lalu.

Koordinator kemanusiaan PBB untuk wilayah Palestina, Lynn Hastings, menilai tindakan pembanjiran terowongan akan membahayakan warga sipil Gaza.

Ancaman ini berkaitan dengan risiko runtuhnya bangunan dan jalan-jalan Gaza karena meningkatnya tekanan infiltrasi air laut di dalam terowongan bawah tanah.

Sementara itu, pihak Israel mengaku telah melakukan operasi pemompaan air dengan sangat hati-hati dan tidak merusak air tanah di Gaza. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA