Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jepang Luncurkan Empat Inisiatif Baru untuk ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 18 Desember 2023, 17:49 WIB
Jepang Luncurkan Empat Inisiatif Baru untuk ASEAN
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida selama KTT ke-50 ASEAN-Jepang di Tokyo pada Minggu, 17 Desember 2023/Net
rmol news logo Gelaran KTT ke-50 ASEAN-Jepang telah selesai dilaksanakan di Tokyo pada Minggu (17/12). Dalam pertemuan tersebut, Jepang meluncurkan empat inisiatif baru yang akan diimplementasikan dalam kerangka kerjasama dengan negara-negara ASEAN.

Mengutip laporan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam press briefing pada hari yang sama, program pertama yang akan diterapkan Jepang yakni Partnership to Co-Create a Future with the Next Generation.

Dijelaskan Retno, program tersebut bertujuan untuk mengenalkan budaya Jepang di ASEAN dengan nilai komitmen hingga 15 miliar yen atau Rp 1,6 triliun.

Inisiatif kedua, yakni ASEAN Japan Co-Creation Initiative for the Next Generation Automotive Industry.

"Jepang menyiapkan dana 1 miliar dolar AS (Rp 15,4 triliun) untuk implementasi proyek kerja sama pengembangan ekosistem kendaraan listrik di kawasan," ungkap Retno.

Selanjutnya, ia mengatakan, Jepang juga berinisiatif membentuk Asia Zero Emission Center di lembaga riset ekonomi Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) sebagai bentuk dukungan untuk menyusun peta jalan menuju Nol Emisi di Kawasan.

Terakhir, Jepang akan menjalankan program Co-Creation for Common Agenda Initiative yang akan meningkatkan kolaborasi dan investasi di bidang konektivitas, perubahan iklim, penguatan UMKM dan start-ups, dengan nilai komitmen 35 miliar dolar AS (Rp 354 triliun). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA