Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demonstran Pro-Palestina dan Pro-Israel di New York Nyaris Bentrok, Diwarnai Aksi Injak Bendera

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 09 Oktober 2023, 16:56 WIB
Demonstran Pro-Palestina dan Pro-Israel di New York Nyaris Bentrok, Diwarnai Aksi Injak Bendera
Para pendukung Palestina saat menginjak bendera Israel, pada Minggu, 8 Oktober 2023 di New York/AP
rmol news logo Para pendukung Israel dan Palestina menggelar aksi unjuk rasa di beberapa kota di Amerika Serikat (AS), pada Minggu (8/10), untuk menunjukkan solidaritas mereka kepada kedua kubu yang tengah berperang di Jalur Gaza.

Dalam aksi yang digelar di New York City, bentrokan nyaris terjadi antara massa pro-Palestina dan pro-Israel di dekat kompleks PBB, setelah sekelompok demonstran pendukung Palestina berunjuk rasa di Times Square.

Seperti dikutip Associated Press, Senin (9/10), ketika beberapa demonstran pro-Palestina hendak membubarkan diri, muncul demonstran pendukung Israel yang melintasi mereka sambil berteriak dan membawa bendera Israel.

Atas provokasi tersebut, demonstran pro-Palestina yang hendak pergi kemudian kembali ke lokasi yang membuat bentrokan singkat terjadi antara kedua kubu itu.

Di tengah kerumunan, seorang pria pendukung Palestina merobek bendera Israel dan melemparkannya ke trotoar, lalu sejumlah kerumunan mulai menginjak-injak bendera Israel.

Dalam bentrokan kecil itu, polisi New York dengan cepat turun tangan dan menarik jauh pengunjuk rasa Pro Israel dari massa pendukung Palestina.

Pada malam sebelumnya, rencana unjuk rasa pro-Palestina ini diketahui sempat dikutuk keras oleh Gubernur New York Kathy Hochul.

“Rakyat Israel menghadapi serangan teroris dan penculikan warga sipil. Rencana unjuk rasa ini sangat menjijikkan secara moral,” katanya.

Sementara itu unjuk rasa juga dilakukan di Atlanta, di mana lebih dari 75 orang berdemonstrasi di konsulat Israel pada Minggu sore, dengan meneriakkan slogan-slogan yang mendukung Hamas dan menyerukan diakhirinya bantuan AS kepada Israel.

“Kami di sini karena kami pikir semua orang di Amerika mendanai apartheid Israel,” kata anggota Partai Sosialisme dan Pembebasan, Natalie Villasana.

Selain itu, di Chicago, ratusan demonstran pro-Palestina turut menyatakan solidaritasnya dengan berunjuk rasa di luar konsulat Israel. Banyak dari mereka yang mengibarkan bendera Palestina atau mengenakan keffiyeh, syal kotak-kotak hitam putih yang melambangkan Palestina, seraya menyerukan slogan kemerdekaan Palestina.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA