Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dikenal Pro-China, Mohamed Muizzu Menangkan Pilpres Maladewa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 01 Oktober 2023, 09:42 WIB
Dikenal Pro-China, Mohamed Muizzu Menangkan Pilpres Maladewa
Mohamed Muizzu menangkan Pilpres Maladewa/Net
rmol news logo Maladewa telah memilih presiden baru. Ia merupakan kandidat Partai Progresif Maladewa (PPM), Mohamed Muizzu.

Muizzu dinyatakan menang dalam pemungutan suara putaran kedua setelah tidak ada kandidat yang muncul sebagai pemenang pada putaran pertama. Muizzu muncul sebagai yang terdepan pada putaran pertama dengan sekitar 46 persen suara, diikuti oleh Ibrahim Solih yang memperoleh 39 persen.

Tetapi Al Jazeera melaporkan, Muizzu menang dengan lebih dari 53 persen suara, setelah penghitungan hasil seluruh 586 kotak suara.

Setelah kemenangan telak tersebut, Muizzo menyampaikan pidato kemenangan di markas besar partai. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang memilihnya dan menyerukan kepada pemerintah untuk membebaskan mantan Presiden Abdulla Yameen, yang menjalani hukuman 11 tahun penjara karena kasus korupsi.

“Hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan…Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada seluruh masyarakat Maladewa. Hasil hari ini merupakan dorongan besar bagi kami dalam upaya membangun masa depan yang lebih baik bagi negara kami, dan untuk memastikan kedaulatan negara kami,” ujarnya.

Muizzu dan kelompoknya dianggap "pro-China" karena besarnya pinjaman Beijing  yang diberikan oleh negara tersebut, di bawah pemerintahan PPM sebelumnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA