Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Malaysia: China Sudah Beri Jaminan Akan Terus Negosiasi Soal Laut China Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 24 September 2023, 12:57 WIB
PM Malaysia: China Sudah Beri Jaminan Akan Terus Negosiasi Soal Laut China Selatan
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim/Net
rmol news logo China telah memberikan jaminan untuk terus melakukan negosiasi terkait klaim di Laut China Selatan dengan negara-negara ASEAN.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan Perdana Menteri China Li Qiang memberinya jaminan tersebut setelah Beijing merilis peta edisi baru pada bulan lalu yang memicu kontroversi.

Peta yang menampilkan klaim garis putus-putus China itu telah ditolak dengan tegas oleh Malaysia dan beberapa negara Asia Tenggara.

"(PM Li) dengan jelas dan kategoris mengatakan bahwa China akan terus bernegosiasi dan tidak melakukan tindakan apapun yang akan meledak atau menyebabkan pertikaian dengan rekan-rekan kami di kawasan," kata Anwar dalam wawancara pada Sabtu (23/9).

“Itu sangat meyakinkan,” tambahnya.

Meski begitu, Anwar mengatakan Malaysia tetap khawatir atas meningkatnya ketegangan ketika China berusaha menegaskan klaim kedaulatannya atas Taiwan. Ia menambahkan bahwa kedua belah pihak perlu menghindari provokasi yang tidak perlu dan dapat berdampak pada wilayah tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA