Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perbatasan Dominika Ditutup, Ratusan Warga Haiti Terpaksa Kembali ke Rumah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 15 September 2023, 11:37 WIB
Perbatasan Dominika Ditutup, Ratusan Warga Haiti Terpaksa Kembali ke Rumah
Warga Haiti di Dajabn, Republik Dominika, sebelum melintasi perbatasan ke Haiti, Kamis, 14 September 2023/Net
rmol news logo Penutupan total perbatasan Republik Dominika telah memaksa ratusan warga Haiti kembali ke negaranya pada Kamis (14/9).

Setelah pengumuman resmi dikeluarkan Presiden Republik Dominika Luis Abinader, penutupan perbatasan dengan Haiti akan dimulai pada Jumat (15/9) pukul 6 pagi waktu setempat.

Penutupan perbatasan akan mencakup semua jalur darat, laut dan udara. Dominika akan mengerahkan 20 kendaraan lapis baja lagi ke kamp militer di perbatasan.

Warga yang dideportasi dan keluarga yang ingin kembali berjalan melalui gerbang perbatasan yang masih dibuka menuju di Ouanaminthe.

"Ratusan warga Haiti kembali dari Republik Dominika setelah Presiden Dominika mengumumkan penutupan total perbatasan," ungkap Reuters dalam laporannya.

Menurut penuturan Direktur Kantor Migrasi Nasional di Ouanaminthe, Harold Estimable, sekitar 250 hingga 300 warga Haiti tiba dari Republik Dominika dalam kondisi yang sangat buruk. Bahkan, PBB pernah mengecam Dominika karena mendeportasi paksa perempuan Haiti yang sedang hamil maupun melahirkan ke negaranya.

Republik Dominika telah memperketat keamanan perbatasan di tengah memburuknya perang antar geng di Haiti.

Mereka mengancam akan menutup perbatasan dengan Haiti sejak pekan lalu, jika konstruksi di Sungai Massacre tetap diteruskan.

Menurut Dominika, pembangunan itu telah melanggar perjanjian di tahun 1929. Tetapi Haiti mengatakan bahwa mereka punya hak untuk mengeksploitasi sumber daya alamnya sendiri. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA