Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukti Janji Lula, Deforestasi Amazon Turun Hingga 66 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 06 September 2023, 13:11 WIB
Bukti Janji Lula, Deforestasi Amazon Turun Hingga 66 Persen
Ilustrasi/Net
rmol news logo Deforetasi hutan Amazon di Brasil terus ditekan hingga turun 66,11 persen pada bulan Agustus. Ini adalah level terendah dalam sebulan sejak tahun 2018.

Menteri Lingkungan Hidup Brasil, Marina Silva pada Selasa (5/9) menyebut ini adalah sebuah pencapaian yang signifikan bagi kebijakan lingkungan karena kerusakan sering kali meningkat sepanjang tahun ini.

Data satelit dari badan penelitian luar angkasa Brasil, INPE, menunjukkan 563 km perseg hutan hujan ditebangi pada Agustus 2023, turun 66,1 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Dalam delapan bulan pertama tahun ini, angka INPE menunjukkan, deforestasi telah turun secara kumulatif sebesar 48 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Data tersebut dinilai menjadi bukti kampanye Presiden Luiz Inacio Lula da Silva untuk mengakhiri deforestasi di Amazon pada tahun 2030 setelah kerusakan meningkat pada masa pemerintahan pendahulunya, Jair Bolsonaro.

Mengutip Reuters, deforestasi di Amazon menyebabkan hilangnya banyak spesies dan habitatnya, berdampak negatif terhadap masyarakat adat dan kesehatan mereka, menyebabkan kebakaran, peningkatan emisi CO2, erosi tanah, banjir, penggurunan, polusi sungai dan tanah, dan berdampak negatif pada siklus air. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA