Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Kecam Kunjungan Wapres Taiwan ke AS, Siapkan Langkah Tegas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 13 Agustus 2023, 12:25 WIB
China Kecam Kunjungan Wapres Taiwan ke AS, Siapkan Langkah Tegas
Wakil Presiden Amerika Serikat, William Lai/Net
rmol news logo China mengutuk kunjungan singkat Wakil Presiden Taiwan William Lai ke Amerika Serikat (AS). Beijing menyebut Lau sebagai seorang separatis dan pembuat onar.

Lai merupakan kandidat terdepan presiden Taiwan berikutnya pada pemilu Januari 2024. Ia tiba di New York pada Sabtu malam (12/8) untuk transit dalam perjalanan ke Paraguay demi menghadiri pelantikan presiden.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan tak lama setelah Lai mendarat di New York dengan penerbangan terjadwal dari Taipei, Kementerian Luar Negeri China mengatakan pihaknya menentang segala bentuk kunjungan separatis kemerdekaan Taiwan ke AS.

“Lai dengan keras kepala menganut posisi separatis kemerdekaan Taiwan dan terus menerus menjadi pembuat onar,” kata Kemlu China, seperti dikutip Reuters.

Pernyataan itu menekankan bahwa Taiwan adalah inti dari kepentingan inti China. Namun Taiwan mengandalkan Amerika Serikat untuk mencari kemerdekaan.

“Tiongkok mengikuti perkembangan dengan cermat dan akan mengambil langkah tegas dan kuat untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas wilayah," tambah pernyataan itu.

China mengklaim Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri. Beijing telah berulang kali mengecam perjalanan Lai, termasuk persinggahan lain di San Francisco dalam perjalanan kembali ke Taipei. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA