Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengacara Pemimpin Oposisi Senegal Ditahan atas Terorisme dan Konspirasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 07 Agustus 2023, 15:04 WIB
Pengacara Pemimpin Oposisi Senegal Ditahan atas Terorisme dan Konspirasi
Pengacara pemimpin oposisi Senegal, Ousmane Sonko, Juan Branco/Net
rmol news logo Belum rampung kasus penangkapan pemimpin oposisi Senegal, Ousmane Sonko, yang sempat geger dan memicu banyak protes. Kini pengacaranya, Juan Branco, dilaporkan juga ikut ditahan pihak berwenang.

Mengutip Reuters pada Senin (7/8), pembela Sonko yang berasal dari Prancis itu dilaporkan telah dipenjara setelah ditangkap di Mauritania dan diekstradisi ke Senegal pada Sabtu (5/8).

"Branco adalah bagian dari tim pengacara Sonko. Dia ditahan di Dakar setelah diekstradisi dari Mauritania," ungkap pengacara untuk kasus Branco, Robin Binsard.

Binsard juga mengungkap bahwa kliennya ditangkap atas tuduhan terorisme, konspirasi, dan melanggar ketertiban umum.

"Proses hukum ini dimaksudkan untuk membungkam (Branco)," tegas Binsard.

Menurut surat kabar Prancis, Le Monde, pihak berwenang Senegal telah mengeluarkan surat perintah penangkapan Branco pada Juli lalu, setelah ia muncul dalam konferensi pers tim hukum Sonko di Dakar.

Setelah acara tersebut, Branco kemudian pergi ke Mauritania, hingga akhirnya ditangkap di sana dan kembali ke Senegal untuk menjalani proses pengadilan.

Sementara itu, oposisi Senegal yang terkenal, yakni Sonko telah ditangkap atas tuduhan pemberontakan, konspirasi kriminal, dan pelanggaran lainnya.

Penangkapan Sonko dilakukan dua bulan setelah persidangan atas dugaan tindak pemerkosaan yang memicu kerusuhan mematikan di Senegal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA