Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Raja Maroko Diundang ke Pelantikan Presiden Senegal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Rabu, 03 April 2024, 12:05 WIB
Raja Maroko Diundang ke Pelantikan Presiden Senegal
Raja Maroko, Mohammed VI/Net
rmol news logo Raja Maroko, Mohammed VI menjadi satu-satunya pemimpin di luar kawasan Afrika yang diundang menghadiri acara pelantikan Presiden terpilih Senegal.

Bassirou Diomaye Faye yang memenangkan hasil pemilu Maret lalu telah mengirimkan undangannya kepada rekan dekatnya, Raja Maroko.

Dalam pesannya kepada Faye, Raja Mohammed VI mengapresiasi undangan spesial tersebut karena mencerminkan dalamnya hubungan persaudaraan yang terjalin antara Maroko dan Senegal.

"Hal ini juga membuktikan betapa dalamnya kemitraan multi-dimensi yang luar biasa antara Kerajaan Maroko dan Republik Senegal di bidang politik, ekonomi, budaya, sosial dan spiritual," tulis Raja dalam sebuah pernyataan yang diterima redaksi pada Rabu (3/4).

Raja Maroko menugaskan Perdana Menteri Aziz Akhannouch untuk mewakilinya hadir dalam acara pelantikan Faye di Diamniadio dekat Dakar, pada Selasa (2/4).

Upacara pelantikan Presiden Senegal dihadiri oleh beberapa Kepala Negara dan ketua komisi Uni Afrika, Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS) dan Uni Ekonomi dan Moneter Afrika Barat (WAEMU).

Faye memenangkan putaran pertama pemilihan presiden pada 24 Maret dengan perolehan 54,28 persen suara, jauh mengungguli pesaingnya Amadou Ba yang hanya memperoleh 35,79 persen suara.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA