Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di KTT NATO, Pemimpin Korsel dan Jepang Bahas Rencana Pembuangan Limbah Nuklir Fukushima

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 12 Juli 2023, 08:51 WIB
Di KTT NATO, Pemimpin Korsel dan Jepang Bahas Rencana Pembuangan Limbah Nuklir Fukushima
Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol (kiri) dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida berjabat tangan selama pertemuan puncak di Hiroshima, Jepang, pada 21 Mei 2023/Net
rmol news logo Korea Selatan terus berkonsentrasi mengenai rencana Jepang untuk membuang air limbah pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima yang lumpuh ke laut.

Untuk membahas masalah tersebut, kedua pemimpin negara dijadwalkan bertemu di sela-sela KTT Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Vilnius.

Menurut pejabat kepresidenan, pertemuan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida akan dilakukan Rabu (12/7) waktu Lituania.

"Masalah air tercemar Fukushima bisa muncul," kata pejabat kepresidenan, mencatat agenda KTT belum dikoordinasikan sebelumnya, seperti dikutip dari Yonhap.

Sebelumnya, seorang pejabat kepresidenan mengatakan kepada wartawan bahwa jika masalah ini diangkat, Yoon akan menyampaikan posisi pemerintah bahwa kesehatan dan kesejahteraan rakyat Korea Selatan akan menjadi prioritas utama.

Sementara itu, oposisi utama Partai Demokrat Korea Selatan telah mendesak Yoon untuk menggunakan KTT yang direncanakan untuk menuntut Tokyo menahan rencana pembuangan air.

Pertemuan Yoon dan Kishida dilakukan beberapa hari setelah Badan Energi Atom Internasional menyetujui rencana Jepang, memicu protes dan kemarahan dari banyak orang di Korea Selatan serta negara-negara tetangga lainnya yang takut akan potensi efek air yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA