Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sadar Tidak Berbuat Banyak untuk Hentikan Perang di Tigray, Gereja Ortodoks Ethiopia Minta Maaf

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 08 Juli 2023, 07:36 WIB
Sadar Tidak Berbuat Banyak untuk Hentikan Perang di Tigray, Gereja Ortodoks Ethiopia Minta Maaf
Ilustrasi/Net
rmol news logo Menyadari tidak mampu berbuat banyak untuk membantu menghentikan perang di Tigray, Sinode Suci Gereja Ortodoks Ethiopia akhirnya mengeluarkan permintaan maaf kepada seluruh rakyat yang menjadi korban.

Africa News melaporkan Jumat (7/7), dalam pernyataan yang dirilis Kamis, sinode menyatakan penyesalan karena gagal menjamin keselamatan para pemimpin dan pengikut gereja selama konflik.

"Sinode secara resmi meminta maaf atas kegagalan untuk segera memberikan bantuan kemanusiaan sesuai dengan keputusan Sinode Suci setelah perang berakhir dan perdamaian dipulihkan," bunyi pernyataan itu.

Gereja telah menjadi sasaran kritik karena tidak mengutuk perang, yang mengakibatkan hilangnya ratusan ribu nyawa. Para uskup Tigray bahkan telah mengumumkan niat mereka untuk mendirikan gereja independen di luar sinode awal tahun ini.

Menyusul berakhirnya perang pada akhir 2022, Sinode Suci secara aktif mencari rekonsiliasi dengan para pemimpin Ortodoks di Tigray. Mereka secara resmi meminta maaf atas keterlambatan pengiriman bantuan kemanusiaan setelah perang berakhir.

Sementara beberapa orang melihat ini sebagai awal yang positif, seorang uskup dari Tigray mengkritik permintaan maaf tersebut, menyatakan bahwa permintaan maaf itu tidak mengakui besarnya ketidakadilan yang dilakukan.  rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA