Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PBB Bentuk Badan Independen untuk Selidiki Nasib Ratusan Ribu Orang Hilang di Suriah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 30 Juni 2023, 11:43 WIB
PBB Bentuk Badan Independen untuk Selidiki Nasib Ratusan Ribu Orang Hilang di Suriah
Anggota keluarga korban orang hilang Suriah saat melakukan demonstrasi pada 2022 lalu/Syria Direct
rmol news logo Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) menyetujui pembentukan badan independen untuk menyelidiki nasib ratusan ribu orang yang hilang di Suriah sejak meletusnya perang pada 2011.

Resolusi tersebut disahkan Kamis (29/6), dengan dukungan dari 83 suara setuju,  62 abstain, dan 11 menentang, termasuk dari pemerintah Suriah.

Menurut badan PBB itu, lembaga independen dibentuk untuk mengurangi penderitaan keluarga-keluarga yang merindukan jawaban mengenai nasib dan keberadaan saudara mereka yang hilang.

Pembentukan badan independen ini telah lama diserukan oleh organisasi-organisasi kemanusiaan. Berdasarkan catatan PBB pada 2021, lebih dari 130.000 warga Suriah dilaporkan hilang akibat konflik yang berkecamuk.

"Badan Independen untuk Orang Hilang di Republik Arab Suriah akan bertanggung jawab untuk mengklarifikasi nasib dan keberadaan semua orang hilang di negara itu serta memberikan dukungan yang memadai kepada para korban, penyintas, dan keluarga mereka," kata UNGA

Seperti dimuat TRT World, Jumat (30/6), sejauh ini konflik di Suriah, yang telah berlangsung selama 13 tahun telah menewaskan hampir setengah juta orang dan menelantarkan setengah dari populasi mereka, yang kini hidup di bawah garis kemiskinan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA