Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kutuk Pembakaran Al Quran di Stockholm, UEA Panggil Dubes Swedia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 30 Juni 2023, 07:34 WIB
Kutuk Pembakaran Al Quran di Stockholm, UEA Panggil Dubes Swedia
Penasihat diplomatik Presiden UEA, Anwar Gargash/Net
rmol news logo Pemerintah Uni Emirat Arab menyesalkan aksi pembakaran Al Quran yang dilakukan oleh aktivis anti-Islam dalam protes publik di Stockholm.

Dalam pernyataannya, penasihat diplomatik Presiden UEA, Anwar Gargash, mengutuk penyerangan terhadap umat Islam dengan kedok kebebasan berpendapat, mengatakan tindakan seperti itu hanya mengabadikan kebencian dan persaingan.

"Serangan terang-terangan dan berulang-ulang terhadap keyakinan Islam dengan dalih kebebasan berpendapat, akan melanggengkan kebencian dan persaingan. Pelanggaran terhadap yang sakral dapat memperdalam nilai dan konfrontasi ideologis," tulis Gargash di Twitter pada Kamis, seperti dikutip dari The National, Jumat (30/6).

"Barat harus menyadari bahwa penilaian dan pembenarannya tidak dapat dipaksakan pada dunia," lanjutnya.

Kementerian Luar Negeri UEA kemudian memanggil Liselott Andersson, duta besar Swedia untuk Emirates untuk menyampaikan protes dan kecamannya. Pemerintah Swedia dianggap gagal untuk menghormati nilai-nilai sosial.

Sebelumnya, polisi di Stockholm telah memberikan izin kepada Salwan Momika, seorang atheis asal Irak yang juga adalah anggota partai sayap kanan Swedia, untuk melakukan aksi protes di luar masjid Stockholm pada Rabu (28/6), tepat saat Umat Islam merayakan hari pertama Iduladha.

Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson kemudian mengatakan aksi yang dilakukan Momika adalah sah, meskipun memang tidak pantas. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA