Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lawan Kehadiran China di Pasifik, AS Buka Kedutaan Besar di Tonga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 10 Mei 2023, 09:12 WIB
Lawan Kehadiran China di Pasifik, AS Buka Kedutaan Besar di Tonga
Ilustrasi/Net
rmol news logo Dalam langkah meningkatkan kehadiran diplomatiknya di kawasan Pasifik, Amerika Serikat membuka kedutaan besarnya di Tonga pada Selasa (9/5).

“Amerika Serikat secara resmi membuka Kedutaan Besar AS di Nuku'alofa. Pembukaan ini melambangkan pembaharuan hubungan kami dan menggarisbawahi kekuatan komitmen kami terhadap hubungan bilateral kami, kepada rakyat Tonga, dan kemitraan kami di kawasan Indo-Pasifik," kata juru bicara Departemen Luar Negeri, Matthew Miller dalam pernyataannya.

Miller menuturkan, personel dan sumber daya diplomatik tambahan, termasuk potensi penunjukan duta besar residen untuk Tonga akan segera dikerahkan ke wilayah tersebut.

Seperti dimuat Reuters pada Rabu (10/5), Tonga dan AS telah memiliki hubungan diplomatiknya sejak 1972 lalu.

Akan tetapi pembukaan kedutaannya itu disebut untuk melawan kehadiran China yang dikhawatirkan akan meningkatkan kekuatannya di Pasifik dengan membangun pangkalan angkatan laut di kawasan tersebut, sejak Kepulauan Solomon mencapai pakta keamanannya dengan Beijing tahun lalu.

Untuk itu, setelah absen selama 30 tahun, Washington memutuskan membuka kembali kedutaannya di Kepulauan Solomon tahun ini, dan juga berencana membuka kedutaannya di negara-negara lain di Pasifik, seperti Vanuatu dan Kiribati.

Dalam langkah tersebut, Washington juga telah bekerja untuk memperbaharui perjanjiannya dengan Kepulauan Marshall, Palau dan Negara Federasi Mikronesia untuk terus mempertahankan pengaruh atas pertahanan pulau-pulau itu dan tetap mendapatkan akses eksklusif di Pasifik.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA