Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukti Baru Menjadi Penyelamat, Pria Hawai Dinyatakan Tidak Bersalah Setelah 25 Tahun Dipenjara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 26 Januari 2023, 12:56 WIB
Bukti Baru Menjadi Penyelamat, Pria Hawai Dinyatakan Tidak Bersalah Setelah 25 Tahun Dipenjara
Seorang petugas pengadilan melepas borgol Albert "Ian" Schweitzer menyusul keputusan hakim untuk segera membebaskannya dari penjara/Net
rmol news logo Seorang hakim Pengadilan AS memerintahkan pembebasan Albert "Ian" Schweitzer dari penjara, setelah pengacaranya memberikan bukti baru dan berpendapat bahwa dia tidak melakukan kejahatan yang menyebabkannya dikurung selama lebih dari 20 tahun.  

Albert Ian Schweitzer yang berusia 51 tahun, dihukum pada tahun 2000. Ia dijatuhi hukuman 130 tahun penjara atas pemerkosaan dan pembunuhan Dana Ireland.

Hakim Peter Kubota memutuskan pembebasan Schweitzer pada Rabu (25/1), memicu tepuk tangan dan tangis haru untuk Schweitzer yang diterbangkan dari penjara Arizona ke Big Island untuk menghadiri sidang.

"Perasaan saya campur aduk," kata Schweitzer kepada AP selama wawancara telepon mengingat momen pembebasannya.

Sistem peradilan cacat, katanya, menyebut dirinya salah satu dari banyak orang yang dipenjara karena kejahatan yang tidak mereka lakukan.

Sebuah petisi yang diajukan Senin malam menguraikan bukti tambahan di salah satu pembunuhan terbesar di Hawaii, yang terungkap pada Malam Natal tahun 1991 di Big Island.

Dana Ireland (23) ditemukan dalam keadaan kritis di semak-semak di sepanjang jalur memancing di Puna, bagian terpencil pulau itu. Dia telah dilecehkan dan dipukuli secara seksual, dan kemudian meninggal di Hilo Medical Center.

Sepeda yang dia kendarai ditemukan dalam keadaan rusak beberapa mil jauhnya dan tampaknya ditabrak oleh sebuah kendaraan.

Pembunuhan perempuan berambut pirang bermata biru dari Virginia itu mendapat perhatian nasional dan tetap tidak terpecahkan selama bertahun-tahun, memberikan tekanan kuat pada polisi untuk menemukan pembunuhnya.

"Setiap kali Anda memiliki korban wanita kulit putih, itu mendapat lebih banyak perhatian daripada orang kulit berwarna dan penduduk asli Hawaii," kata Kenneth Lawson, salah satu direktur Proyek Innocence Hawaii.

"Ada tekanan yang tidak dapat diatasi untuk menyelesaikan kasus ini. Dan ketika itu terjadi, kesalahan dibuat. Beberapa disengaja dan beberapa tidak disengaja," katanya.

Schweitzer termasuk di antara tiga orang yang dihukum dalam kasus ini dan satu-satunya pria yang masih berada di balik jeruji besi.

Tetapi bukti DNA baru, menurut petisi, menunjukkan kaus bermerek "Jimmy Z" yang ditemukan di dekat Irlandia dan dibasahi dengan darahnya adalah milik pria tak dikenal, dan bukan milik salah satu dari tiga pria itu, seperti yang diklaim jaksa penuntut.

Selain itu, analisis menyimpulkan bahwa mobil Volkswagen Beetle milik Schweitzer tidak meninggalkan bekas ban di kedua lokasi tempat Irlandia dan sepedanya ditemukan. Seorang ahli odontologi forensik juga menyimpulkan bahwa luka di payudara kirinya bukanlah bekas gigitan, seperti yang diyakini sebelumnya.

Pada 2019, pengacara Schweitzer dan jaksa Hawaii County menandatangani "perjanjian integritas keyakinan" untuk menyelidiki kembali kasus tersebut.

Ini adalah pertama kalinya ada jenis perjanjian ini di Hawaii, kata kelompok pengacara dari Lawson. Perjanjian ini menjadi sering digunakan untuk memeriksa kembali kasus-kasus yang diyakini memiliki kesalahan.

Sebagian besar latar belakang kasus Ireland dirinci dalam dokumen yang diajukan dengan petisi yang mencantumkan fakta-fakta yang telah ditetapkan oleh pengacara pembela dan jaksa penuntut.

Akhirnya, Schweitzer dibebaskan setelah lebih dari dua dekade berada di dalam penjara. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA