Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Liga Arab Netral Dan Dukung Solusi Damai Penyelesaian Konflik Laut Tiongkok Selatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Kamis, 25 Agustus 2016, 22:32 WIB
Liga Arab Netral Dan Dukung Solusi Damai Penyelesaian Konflik Laut Tiongkok Selatan
Sekjen Liga Arab-Dubes RI
rmol news logo Sekjen Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit, menggelar pertemuan dengan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Republik Arab Mesir, Helmy Fauzy, di Cairo (Kamis, 25/8).

Kepada Helmy Fauzy, yang juga Dubes terakreditasi untuk Sekretariat Liga Arab,  Ahmed Aboul Gheit menyampaikan bahwa pihaknya netral terhadap penyelesaian konflik di Laut Tiongkok Selatan dan mendukung upaya-upaya penyelesaian damai.

"Kami mendukung Tiongkok dalam upayanya untuk menyelesaikan konflik secara damai dan tidak mendukung klaim Tiongkok atas sengketa di Laut Tiongkok Selatan," ucap dalam siaran pers yang diterima dari Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Cairo.

Pernyataan ini didasari oleh komunike yang dikeluarkan pada pertemuan Menteri Luar Negeri Arab-Tiongkok pada bulan Mei 2016 yang oleh berbagai media di Tiongkok diklaim sebagai dukungan Liga Arab atas klaim Tiongkok.

Dalam pertemuan tersebut, dia juga menyatakan keinginannya untuk berkunjung ke Indonesia. "Sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim di dunia, Indonesia merupakan mitra strategis bagi negara-negara Arab," ujarnya.

Selain itu, Sekjen Liga Arab juga menyampaikan keinginannya untuk terus meningkatkan hubungan antara Indonesia dan negara-negara Arab terutama di bidang politik.[zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA