Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenperin: Masih Sedikit IKM yang Memanfaatkan Restrukturisasi Kredit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 21 Agustus 2024, 13:02 WIB
Kemenperin: Masih Sedikit IKM yang Memanfaatkan Restrukturisasi Kredit
Kementerian Perindustrian/Net
rmol news logo Belum banyak pelaku industri kecil menengah (IKM) yang memanfaatkan fasilitas restrukturisasi kredit yang diberikan oleh perbankan.
HUT 79 RI

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan minimnya pengguna fasilitas tersebut karena  persyaratan untuk mendapatkan pinjaman masih cukup sulit.

"Restrukturisasi kredit yang salah satunya diajukan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), masih kurang optimal pemanfaatannya bagi pelaku IKM. Hal itu karena salah satu persyaratannya yakni belum atau tidak sedang menerima kredit perbankan yang bersifat usaha (komersial)," ujar Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita di Jakarta, dikutip Rabu (21/8). 

Reni menjelaskan dari postur KUR yang tersalurkan selama ini, mayoritas dimanfaatkan oleh petani dan nelayan, sedangkan pelaku industri manufaktur baru 19 persen.

Oleh karena itu pihaknya ingin program restrukturisasi kredit yang dijalankan bisa lebih memberikan kemudahan bagi pelaku IKM, sehingga pemajuan industri domestik bisa lebih optimal.

"Kita ingin dilanjutkan, tapi disesuaikan dengan jenis usaha. Misal cukup Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai garansi atau bunganya dikecilin lagi supaya manfaatnya lebih terasa," kata dia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA