Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BPKH Dukung Kolaborasi Bank Muamalat dan Muhammadiyah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 09 Agustus 2024, 09:31 WIB
BPKH Dukung Kolaborasi Bank Muamalat dan Muhammadiyah
Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah bersama Direktur Bank Muamalat, Karno, dan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir/Ist
rmol news logo Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mendukung penuh kerja sama strategis antara anak usahanya, Bank Muamalat dengan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. 

Kerja sama ini dianggap sebagai langkah penting dalam memperluas program kemashlahatan umat di berbagai bidang.

Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah mengatakan bahwa sinergi antara BPKH dan Muhammadiyah sebelumnya telah memberikan hasil nyata.

“Program yang telah didukung BPKH, seperti pendirian Masjid At-Tanwir di Menteng, Pondok Pesantren Muallimin, dan RS Bandung Barat menjadi bukti nyata sinergi yang terjalin antara BPKH dan Muhammadiyah,” kata Fadlul dalam acara Penandatanganan Kerjasama Muhamadiyah dan Bank Muamalat, di Yogyakarta, Rabu (7/8).

Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Direktur Bank Muamalat, Karno, dan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. 

Adapun ruang lingkup kerja sama ini mencakup pemanfaatan jasa dan program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Muamalat untuk mendukung pengembangan cabang, ranting, dan masjid yang dikelola oleh Muhammadiyah. 

Selain itu, Bank Muamalat akan menggandeng lembaga zakat Muhammadiyah, Lazismu dalam berbagai program yang berfokus pada pengelolaan keuangan dan dukungan zakat.

Sebagai bagian dari kerja sama ini, Bank Muamalat berkomitmen menyediakan pembiayaan sebesar Rp2 triliun untuk pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM), yang meliputi rumah sakit, perguruan tinggi, pondok pesantren, dan masjid. 

Bank Muamalat juga akan memperkenalkan program pengelolaan keuangan dan aggregator haji di lingkungan Muhammadiyah untuk memastikan proses haji yang aman, terjangkau, dan mudah diakses oleh jamaah.

Fadlul menambahkan, prototipe kerja sama ini diharapkan dapat membawa manfaat yang signifikan dalam memajukan, mencerdaskan, dan mensejahterakan masyarakat. 

“Dengan langkah strategis ini, BPKH berharap dapat terus berkontribusi meningkatkan kualitas hidup umat melalui berbagai inisiatif yang berfokus pada kebaikan bersama,” pungkasnya.rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA