Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peringkat Utang RI Dapat Nilai BBB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 01 Agustus 2024, 07:01 WIB
Peringkat Utang RI Dapat Nilai BBB
Ilustrasi/RMOL-Erin
rmol news logo Lembaga pemeringkat Standard and Poors (S&P) mempertahankan peringkat kredit Indonesia, atau Sovereign Credit Rating (SCR), pada BBB atau satu tingkat di atas investment grade dengan outlook per 30 Juli 2024. 

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan keputusan S&P untuk memberikan peringkat kredit BBB kepada RI itu mencerminkan keyakinan dunia internasional terhadap prospek perekonomian Indonesia yang baik.

"Afirmasi ini juga mencerminkan kepercayaan dunia internasional terhadap prospek perekonomian Indonesia yang baik, serta keyakinan terhadap langkah-langkah sinergi kebijakan yang ditempuh oleh pemerintah dan Bank Indonesia," kata Perry dalam pernyataannya di Jakarta, yang dikutip Kamis (1/8). 

Afirmasi rating Indonesia pada peringkat BBB juga memperkuat keyakinan lembaga pemeringkat utama seperti Fitch dan Moody's yang terlebih dahulu memberikan afirmasi atas rating Indonesia pada awal tahun 2024 ini.

Sovereign Credit Rating atau peringkat kredit negara adalah ukuran kemampuan pemerintah untuk membayar utangnya.

S&P meyakini bahwa prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tetap solid, ketahanan eksternal dan beban utang pemerintah yang terjaga, didukung oleh kerangka kebijakan moneter dan fiskal yang kredibel. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA