Dimensy.id
R17

Menperin: Apple Bisa Gunakan Komponen Ponsel dari Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 18 April 2024, 09:04 WIB
Menperin: Apple Bisa Gunakan Komponen Ponsel dari Indonesia
Apple/Net
rmol news logo Pemerintah siap memfasilitasi apabila Apple Inc. tertarik untuk melakukan business matching atau pencocokan bisnis untuk kebutuhan komponen-komponen yang diperlukan Apple di Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita merujuk pada hasil pertemuan dengan CEO Apple Tim Cook dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini.

Menurutnya, upaya pencocokan bisnis lebih memiliki peluang dibandingkan opsi untuk membangun pabrik manufaktur untuk gawai Apple di Indonesia.

"Kemenperin akan melakukan proses business matching. Kami sudah punya listnya terhadap komponen-komponen apa saja, komponen-komponen HP 'cellphone' yang sudah diproduksi di Indonesia yang mungkin bisa kita kawinkan, namanya business matching," katanya di Istana Kepresidenan Jakarta, yang dikutip Kamis (18/2).

Selain membangun pabrik, pencocokan bisnis dapat dilakukan karena Apple dapat memanfaatkan komponen-komponen, seperti baterai, kabel dan lain-lain yang sudah diproduksi di Indonesia.

"Jadi ada dua (opsi) kalau bicara manufacturing, mulai pabrik sendiri atau gunakan yang diproduksi di Indonesia dengan berbagai penyesuaian spesifikasinya," jelas Agus.

Agus menyampaikan bahwa Presiden menginginkan Apple bisa memperluas bisnisnya di Indonesia selain investasi yang sudah ada dan berjalan sekarang, yakni pengembangan talenta digital melalui Apple Academy. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA