Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga Dorong Kawasan Industri Lebih Kompetitif dan Berkelanjutan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 26 Juli 2024, 15:40 WIB
Menko Airlangga Dorong Kawasan Industri Lebih Kompetitif dan Berkelanjutan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Dok Kemenko Perekonomian
rmol news logo Pemerintah Indonesia terus melakukan mitigasi tantangan perekonomian global melalui berbagai program dan kebijakan, salah satunya penguatan sektor kawasan industri.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengurai, kawasan industri telah berhasil menarik investasi cukup besar selama 50 tahun terakhir. Kawasan ini juga telah menciptakan jutaan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. 

"Kontribusi ini tidak hanya dirasakan di tingkat nasional, tetapi juga di daerah, di mana kawasan industri berperan sebagai penggerak utama pembangunan daerah,” kata Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/7).

Airlangga juga menyinggung soal industri hijau dan berkelanjutan. Menurutnya, sektor kawasan industri perlu menyelaraskan pertumbuhan dengan keberlanjutan lingkungan hidup serta kemajuan sosial.

Hal ini sejalan dengan arah pengembangan kawasan industri yang bergeser menjadi ke generasi keempat atau smart eco industrial park dengan mengedepankan pembangunan berkelanjutan, ekonomi sirkular dan industri hijau, serta penerapan teknologi.

“Saya sangat memahami pentingnya peningkatan daya saing investasi di tengah persaingan global yang semakin ketat. Dalam konteks ini, kawasan industri punya peran vital dan banyak tantangan yang harus dihadapi," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA