Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teten Masduki: Jika Dimaksimalkan, Wakatobi Bisa Menjadi Penghasil Rumput Laut Nomor Satu Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 04 November 2023, 15:30 WIB
Teten Masduki: Jika Dimaksimalkan, Wakatobi Bisa Menjadi Penghasil Rumput Laut Nomor Satu Dunia
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki saat membuka acara Ekspo UMKM pada Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi WAVE) Tahun 2023/Net
rmol news logo Wakatobi di Sulawesi Tenggara memiliki  banyak kelebihan. Tidak hanya terkenal karena wisata alamnya, kabupaten yang dikenal dengan slogan “Surga Nyata Bawah Laut di pusat Segitiga Karang Dunia” juga dikenal dengan komoditas unggulan rumput laut.

Rumput laut sendiri memiliki potensi untuk diolah menjadi bahan baku pangan, industri farmasi, kecantikan.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan selama ini pemerintah masih mengimpor gandum dengan jumlah yang cukup besar. Sementara menurut riset, 30 persen gandum bisa disubstitusi dari olahan rumput laut.

"Jika potensi ini terus dimaksimalkan, Wakatobi bisa menjadi penghasil rumput laut nomor satu dunia," kata Teten Masduki saat membuka acara Ekspo UMKM pada Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi WAVE) Tahun 2023.

Industri rumput laut secara global diperkirakan mampu mencatatkan pertumbuhan tahunan 10,5 persen dengan pendapatan menyentuh 48 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 734,4 triliun pada 2030.

Sedangkan Indonesia adalah produsen rumput laut terbesar kedua di dunia yang menghasilkan 27,86 persen dari 35,8 juta ton produksi rumput laut dunia. Meski begitu, sekitar 65 persen produk rumput laut yang diekspor masih berupa bahan mentah/non olahan.

"Untuk itu, Presiden Jokowi dalam konsep industrialisasi berusaha melibatkan para pelaku koperasi dan UMKM. Sehingga yang mengolah nanti harus koperasi dan UMKM, jangan yang besar-besar supaya kue ekonomi bisa dinikmati oleh semuanya," ujarnya pula. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA