Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gubernur Bank Inggris: Ekonomi Inggris Lebih Baik Dibandingkan Tahun Lalu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 16 Oktober 2023, 16:25 WIB
Gubernur Bank Inggris: Ekonomi Inggris Lebih Baik Dibandingkan Tahun Lalu
Representative Image/Net
rmol news logo Perekonomian Inggris tahun ini lebih baik dibandingkan tahun lalu, dengan memperlihatkan tanda-tanda bahwa Inggris akan memenangkan perlawanan terhadap inflasi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Bank Inggris Andrew Bailey dalam pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) di Marrakesh, Maroko.

“Dari sudut pandang ekonomi. Menurut saya, saya mungkin satu-satunya orang yang dapat datang ke sini dan mengatakan bahwa keadaan saat ini terlihat lebih baik dibandingkan tahun lalu. Saya bisa mengatakan itu dengan penuh keyakinan,” kata Bailey, seperti dikutip dari siaran INews, Senin (16/10).

Dalam pertemuan tersebut, Bailey menjelaskan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, ada kemajuan yang solid dalam menangani masalah inflasi, tetapi ia tetap memperingatkan bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengendalikan inflasi yang masih tinggi.

Bank Inggris baru-baru ini memutuskan untuk mempertahankan suku bunga pada level 5,25 persen, yang dianggap sebagai kebijakan yang sangat ketat.

Menteri Keuangan Inggris, Jeremy Hunt juga turut memberikan pandangan serupa terkait masa depan ekonomi Inggris dalam jangka panjang. Namun, ia mengakui adanya tantangan jangka pendek, seperti dampak suku bunga yang lebih tinggi dan meningkatnya biaya utang.

“Saya sangat optimis mengenai masa depan jangka panjang kita, namun dalam jangka pendek, kita harus menyadari bahwa mungkin ada guncangan,” katanya kepada Sky News.

Hunt mengungkapkan bahwa gambaran keuangan Inggris telah memburuk sejak musim semi, karena terkena dampak suku bunga yang lebih tinggi dan meningkatnya biaya utang, di tengah konflik geopolitik yang semakin memanas.

Meski begitu, ia menyatakan keoptimisannya bahwa keuangan Inggris tahun ini akan lebih unggul dibandingkan tahun sebelumnya.

“Saya pikir perekonomian Inggris dibandingkan ketika saya menjadi Kanselir setahun yang lalu telah terbukti jauh lebih tangguh dibandingkan prediksi hampir semua organisasi internasional, dan masyarakat melihat beberapa kekuatan mendasarnya,” tambahnya.

Namun, Hunt tetap menegaskan bahwa pemerintah perlu berhati-hati dalam menjaga keuangan publik, menghindari pinjaman berlebihan, dan memastikan bahwa ekonomi Inggris tetap tangguh dalam menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA