Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terpengaruh Minyak Global, Harga Produsen Korea Selatan Naik 0,9 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 20 September 2023, 12:04 WIB
Terpengaruh Minyak Global, Harga Produsen Korea Selatan Naik 0,9 Persen
Buah-buahan dipajang di supermarket di selatan Seoul pada 17 September 2023/Net
rmol news logo Naiknya harga minyak global telah ikut mengerek harga produsen Korea Selatan hingga menyentuh angka 0,9 persen dalam sebulan pada Agustus 2023.

Dilaporkan Yonhap, data Bank of Korea yang dirilis Rabu (20/9) menunjukkan, bahwa indeks harga produsen, barometer utama inflasi konsumen, mencapai 121,16 pada Agustus, naik dari 120,08 pada bulan Juli.

Ini menandai pertumbuhan bulanan paling tajam sejak kenaikan 1,6 persen pada April 2022.

Harga produsen merupakan salah satu indikator utama yang menentukan lintasan inflasi, karena mempengaruhi harga yang akan dibebankan oleh dunia usaha kepada konsumen dalam beberapa bulan ke depan.

Sementara itu, harga konsumen Korea Selatan naik 3,4 persen dibandingkan tahun lalu di bulan Agustus di tengah kenaikan harga barang-barang pertanian dan manufaktur. Ini merupakan kenaikan tertinggi dalam setahun sejak pertumbuhan 3,7 persen pada bulan April.

Inflasi inti, tidak termasuk harga pangan dan energi yang berfluktuasi, naik 3,3 persen secara tahunan di bulan Agustus, meningkat dengan margin yang sama dengan bulan Juli. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA