Dimensy.id
R17

PLTN Generasi Keempat Pertama di Dunia Resmi Beroperasi di China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 06 Desember 2023, 14:46 WIB
PLTN Generasi Keempat Pertama di Dunia Resmi Beroperasi di China
Pembangkit listrik tenaga nuklir reaktor berpendingin gas suhu tinggi (HTGR) Shidaowan di Tiongkok/Net
rmol news logo Pembangkit listrik tenaga nuklir reaktor berpendingin gas suhu tinggi (HTGR) di China, yang merupakan pembangkit listrik tenaga nuklir generasi keempat pertama di dunia, telah resmi beroperasi.

Keterangan tersebut disampaikan Administrasi Energi Nasional dan China Huaneng Group, Rabu (6/12).

Proyek tersebut, yang berlokasi di Provinsi Shandong, China, memiliki hak kekayaan intelektual yang sepenuhnya independen, dikembangkan bersama oleh China Huaneng Group, Universitas Tsinghua, dan China National Nuclear Corporation.

"HTGR adalah jenis reaktor canggih yang menampilkan teknologi tenaga nuklir generasi keempat, dan merupakan arah utama pengembangan tenaga nuklir," kata Zhang Zuoyi, kepala perancang program utama pembangkit listrik tenaga nuklir HTGR dan dekan energi nuklir dan teknologi energi baru institut Universitas Tsinghua, seperti dimuat Xinhua.

Dengan keselamatan sebagai karakteristik utama, reaktor dapat mempertahankan kondisi aman dan terhindar dari kebocoran atau kebocoran bahan radioaktif.

"Kemampuan ini dipertahankan bahkan ketika kapasitas pendinginan benar-benar hilang, tanpa tindakan intervensi apa pun," kata Zhang.

Lebih dari 500 perusahaan yang bergerak di bidang desain dan pengembangan, konstruksi teknik, manufaktur peralatan, produksi dan operasi berpartisipasi dalam proyek ini.

"Tingkat lokalisasi peralatan pembangkit listrik tenaga nuklir mencapai lebih dari 90 persen," kata Zhang Yanxu, penanggung jawab proyek tersebut.

"Pengoperasian komersial pembangkit listrik tenaga nuklir sangat penting dalam meningkatkan keselamatan, serta kemampuan ilmiah, teknologi dan inovasi pengembangan tenaga nuklir China," katanya.

Pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir Shidaowan HTGR dimulai pada bulan Desember 2012, dan menghasilkan listrik untuk pertama kalinya pada bulan Desember 2021. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA