Bright Smile of Children and Bright Future
Bright Smile of Children and Bright Future
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Survei Median: Ridwan Kamil Kuda Hitam Capres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 28 Februari 2023, 23:45 WIB
Survei Median: Ridwan Kamil Kuda Hitam Capres 2024
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Net
rmol news logo Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diperhitungkan sebagai calon presiden alternatif yang dianggap “kuda hitam” di luar nama Ganjar Pranowo, Prabowo, dan Anies Baswedan.

Hal itu terungkap dalam rilis survei terbaru dari Media Survei Nasional (Median) yang dirilis di Jakarta, pada Selasa (28/2).

"Peluang munculnya calon presiden alternatif dan bisa disebut sebagai “kuda hitam” dalam Pilpres 2024 nanti, saya kira ada di KIB (Koalisi Indonesia Bersatu), yaitu Ridwan Kamil," kata direktur eksekutif Median, Rico Marbun dalam paparan hasil surveinya.

Menurut Rico, sosok Ridwan Kamil layak disebut sebagai 'Kuda Hitam' karena elektabilitasnya yang tiba-tiba muncul di antara tiga besar tokoh yang sering menduduki posisi teratas.

"Sejauh ini menurut survei yang kita lakukan, untuk posisi tiga besar ada Anies Baswedan, Prabowo, dan Ganjar Pranowo. Namun saat ini tiba-tiba muncul nama Ridwan Kamil di posisi keempat, dengan elektabilitas yang terus naik,” katanya.

Selain itu, untuk posisi cawapres, menurut Rico, nama Ridwan Kamil juga menduduki posisi paling favorit di mata responden, mengungguli beberapa tokoh lainnya.

"Menurut netizen, cawapres paling favorit sementara ini ialah Ridwan Kamil, sebesar 16,9 persen. Lalu diikuti oleh Agus Harimurti Yudhoyono, sebanyak 10 persen, Sandiaga Uno 6,5 persen disusul Muhaimin Iskandar 6 persen,” bebernya.

Adapun beberapa temuan lembaga survei Median terkait elektabilitas capres untuk lima besar yakni Prabowo 20,5 persen, Ganjar Pranowo 18,9 persen, Anies Baswedan 17,9 persen, Ridwan Kamil 9 Persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 3,5 persen.

Disusul Airlangga Hartarto 2,9 persen, Erick Thohir 2,2 persen, Muhaimin Iskandar 2,0 persen, Andika Perkasa 1,3 persen, Puan Maharani 1,3 persen, Mahfud MD 1,2 persen, Sandiaga Uno 1 persen, Gatot Nurmantyo 0,9 persen, Anis Matta 0,8 persen, Moeldoko 0,5 persen, Giring Ganesha 0,5 persen dan Hary Tanoesoedibjo 0,2 persen.

Survei ini sendiri berbasis media sosial, yang dilakukan di periode 22-26 Februari 2023 dengan total 400 responden pengguna aktif media sosial Facebook dan berusia 17-60 tahun.

Median menegaskan karena responden merupakan pengguna media sosial, survei ini tidak dimaksudkan untuk memberikan gambaran persepsi populasi secara keseluruhan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA