Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sayembara Desain Istana Wapres hingga Kompleks Legislatif Dimulai Besok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 27 Maret 2022, 14:41 WIB
Sayembara Desain Istana Wapres hingga Kompleks Legislatif Dimulai Besok
Desain bangunan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur/Net
rmol news logo Pemerintah akan menggelar sayembara desain Istana Wakil Presiden yang nantinya akan dipisah dengan lokasi Istana Presiden di Ibu Kota Negara Nusantara, Kalimantan Timur.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sayembara ini akan dimulai pada 28 Maret hingga 8 April. Sementara penetapan pemenang dilakukan pada 24 Juni, dan penyerahan hadiah pada 27 Juni.

Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti menjelaskan, sayembara dilakukan agar masyarakat bisa berpartisipasi dalam membangun ibu kota baru.

Selain Istana Wakil Presiden, sayembara itu juga mencari desain untuk kawasan kompleks perkantoran lembaga legislatif, yaitu MPR, DPR, dan DPD.

Sayembara lainnya adalah konsep rancangan kawasan kompleks perkantoran lembaga yudikatif, yaitu Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial.

Sementara yang terakhir adalah rancangan untuk kompleks peribadatan di area Danau Hijau.

Diana menjelaskan, desain harus memenuhi indikator kinerja terukur terkait bangunan gedung yang telah ditetapkan dalam dokumen Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Di samping itu, desain harus mencerminkan identitas bangsa dari segi interior dan eksterior, ditambah menerapkan prinsip green building.

Adapun hadiah yang telah disiapkan berjumlah Rp 3,4 miliar untuk total 12 pemenang. Pemenang pertama akan mendapatkan Rp 500 juta, pemenang kedua Rp 250 juta, dan ketiga Rp 100 juta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA