Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

6 Polda Jadi Prioritas Perang Lawan Karhutla

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 06 Mei 2021, 19:48 WIB
6 Polda Jadi Prioritas Perang Lawan Karhutla
Petugas saat mematikan api dilokasi yang terbakar/Net
rmol news logo Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyampaikan terdapat enam Polda yang menjadi prioritas untuk menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Ada 6 Polda jadi prioritas yakni Kalbar, Kalteng, Kaltim, Riau, dan Sumsel. Mabes Polri juga berkomunikasi dan berkoordinasi dengan instansi terkait,” kata Argo kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (6/5).

Kedepan akan ada beberapa kreasi di Polda bersama instansi terkait bagaimana cara untuk memadamkan titik api secepatnya. Jangan sampai meluas.

Seperti diberitakan, jika 2019 ada 25.758 titik api maka pada 2020 jumlah titik api tercatat menurun jadi hanya 2.875 titik api. Jumlah ini menurun 81 persen berkat penanganan Karhutla dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Disamping itu, Argo menyampaikan, disamping upaya pencegahan yang komperhensif, penegakan hukum terhadap kasus Karhutla juga dipersingkat yang tentunya memiliki efek.

"Nanti setelah kita penyelidikan, penyidikan, kita koordinasi dengan Kejaksaan. Berkaitan dengan saksi ahli, petunjuk lain kita komunikasikan sehingga tidak bolak balik berkas perkara. Jadi nanti sesuai Inpres bapak Presiden untuk kegiatan pencegahan dan penegakan hukum kita lakukan secara terpadu," pungkas Argo.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA