Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Curi Berton-ton Gandum Dan Minyak Dari Suriah, Dikirim Ke Irak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 02 April 2021, 12:04 WIB
AS Curi Berton-ton Gandum Dan Minyak Dari Suriah, Dikirim Ke Irak
Konvoi militer Amerika Serikat di Suriah/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah mencuri berton-ton gandum dari Suriah dan mengirimnya ke Irak melalui penyeberangan perbatasan ilegal.

Kantor berita pemerintah Suriah, SANA pada Kamis (1/4) melaporkan, 12 truk militer AS membawa berton-ton gandum dari silo di Tal Alou, Provinsi Al-Hasakah, Suriah bagian utara. Mereka terlihat peri ke Irak.

Sehari setelahnya, Kamis (2/4), 18 kendaraan militer AS yang juga diduga membawa gandum dilaporkan terlihat melewati perbatasan Semalka menuju Irak.

Selain gandum dan bahan makanan, pejabat Suriah menyebut AS juga telah lama mencuri minyak. Hal itulah yang diyakini sebagai salah satu alasan AS masih mempertahankan diri di Suriah.

Sebelumnya, Rusia pada awal pekan mengatakan pihaknya terus menerima laporan bahwa konvoi AS mentransfer minyak dan biji-bijian dari Suriah ke Irak. Dari 23 Maret aja, Rusia menyebut sudah ada 300 truk minyak yang melintasi perbatasan.

Pada 2018, mantan Presiden AS Donald Trump mengumumkan akan menarik pasukannya dari Suriah sebagai janji kampanyenya pada 2016. Tetapi ia mengubah keputusan dengan mengatakan sebagian pasukan tetap berada di timur laut Suriah untuk mengamankan minyak.

Presiden AS Joe Biden juga tidak menunjukkan akan mengubah kebijakan itu.

Sementara Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan bahwa Moskow telah menerima informasi yang menunjukkan bahwa Amerika Serikat berencana untuk tinggal di Suriah tanpa batas waktu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA