Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tekan Penularan Covid-19, Polres Pemalang Edukasi Nelayan Untuk Pakai Masker Saat Melaut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 23 September 2020, 23:16 WIB
Tekan Penularan Covid-19, Polres Pemalang Edukasi Nelayan Untuk Pakai Masker Saat Melaut
Sosialisasi protokol kesehatan dan pembagian masker gratis oleh Polres Pemalang kepada nelayan/Ist
rmol news logo Upaya menumbuhkan kesadaran protokol kesehatan terus dilakukan Polres Pemalang. Tidak hanya di jalanan umum dan permukiman penduduk, upaya preemtif turut menyasar para nelayan di dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjungsari, Rabu (23/9).

Bersinergi dengan personel Posal Tanjungsari, Kapolres Pemalang, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho diwakili Wakapolres Pemalang mengimbau para nelayan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan sebelum berangkat melaut.

“Ketika mendapati nelayan yang belum memakai masker di dermaga, kami mengimbau agar mengambil maskernya dahulu di rumah masing-masing sebelum berangkat melaut,” kata Ronny Tri kepada wartawan, Rabu (23/9).

Hal tersebut dilakukan untuk mengedukasi para nelayan agar menjadikan penggunaan masker sebagai kebiasaan dalam adaptasi kebiasaan baru. “Bagi nelayan yang belum memiliki masker, kami bagikan masker secara gratis,” ungkapnya.

Usai berkeliling di sekitar dermaga Tanjungsari, kapal patroli menyusuri perairan laut Tanjungsari untuk menemui nelayan yang sedang melaut. Saat merapat ke beberapa kapal nelayan, petugas mendapati para nelayan tidak membawa dan memakai masker.

“Di atas kapal, petugas membagikan masker secara gratis kepada nelayan yang tidak membawa masker,” katanya.

Wakapolres Pemalang, Kompol Arie Iman Prasetya mengatakan, risiko penularan Covid-19 dapat terjadi saat nelayan sedang melaut mencari ikan. Oleh karenanya, penggunaan masker penting untuk menghindari penularan bila para nelayan bertemu dengan nelayan dari wilayah lain.

“Sehingga setelah para nelayan kembali ke dermaga, potensi untuk menjadi carrier bagi keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya dapat diminimalisir,” imbuhnya.

Tidak hanya memberikan edukasi penggunaan dan membagikan masker gratis, petugas juga meminta para nelayan berkomitmen dalam pencegahan Covid-19 dengan mengucapkan deklarasi kepatuhan protokol kesehatan.

“Untuk membuktikan komitmennya, para nelayan dengan kompak mengucapkan deklarasi kepatuhan protokol kesehatan dengan 3 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA