Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kawal Tradisi Sedekah Laut, Kapolres Pemalang Minta Penumpang Kapal Dibatasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 21 Agustus 2020, 00:48 WIB
Kawal Tradisi Sedekah Laut, Kapolres Pemalang Minta Penumpang Kapal Dibatasi
Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho/Net
rmol news logo Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho memimpin langsung pengamanan tradisi sedekah laut di TPI Asemdoyong, Taman, Pemalang, Jawa Tengah.

Sebelum dimulainya acara larung sesaji, Kapolres Pemalang meminta, agar panitia dan kelompok nelayan selalu waspada serta membatasi jumlah penumpang.

“Demi keselamatan, mohon jumlah penumpang kapal dibatasi untuk menghindari kelebihan muatan dan insiden, serta mengantisipasi penyebaran Covid-19,” pesan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, Kamis (20/8).

Dalam acara larung sesaji, dia yang didampingi pejabat utama Polres Pemalang turut mengawal puluhan perahu nelayan yang melaksanakan larung sesaji di tengah laut.

Tidak hanya pada para nelayan, petugas gabungan Polres Pemalang dan Kodim 0711/Pemalang juga menghimbau pengunjung di tempat pelelangan ikan (TPI) Desa Asemdoyong untuk mentaati protokol kesehatan.

“Beberapa pengunjung sebenarnya sudah membawa masker sendiri, namun ada yang belum digunakan, sehingga personil TNI-Polri tidak henti-hentinya mengingatkan para pengunjung untuk selalu menggunakan maskernya dengan baik dan benar,” ucapnya.

Sedekah laut merupakan tradisi turun temurun yang tetap dilestarikan nelayan Desa Asemdoyong hingga kini.

Untuk memeriahkan sedekah laut, warga setempat juga mengadakan pagelaran wayang kulit yang menghadirkan Ki Dalang Muharso Udi Carito. rmol news logo article

ARTIKEL LAINNYA