Mary Read Dan Anne Bonny, Bajak Laut Cantik Dari Laut Karibia

ILustrasi Marry Read dan Anne Bonny/Net

Sosok bajak laut begitu popular di abad 18 dan 19. Kekhawatiran akan ancaman kekejaman pembajak itu yang kemudian memunculkan larangan bagi perempuan untuk naik kapal. Bahkan, lahir mitos bahwa jika ada perempuan di atas kapal akan membawa nasib buruk.

Beberapa perempuan pemberani pun menyamar menjadi pria agar dapat berlayar. Salah satu perempuan itu adalah Mary Read. Read, kelahiran Inggris sejak kecil memang selalu diperlakukan seperti laki-laki oleh ibunya yang janda. Perlakuan sebagai laki-laki terus berlangsung hingga Read remaja, bahkan Read ikut tergabung dengan militer Inggris.

Penampilannya yang bak laki-laki itu yang membuatnya bisa bekerja sebagai pelayan di sebuah kapal di Karibia. 

Pada 1719, kapal tempat Read bekerja diambil alih oleh bajak laut Jack Rackham atau dikenal sebagai Calico Jack. Read pun terpaksa menjadi krunya.

Mary dipaksa menjadi anggota Calico Jack karena kemampuan bertarungnya yang hebat. Ia akhirnya berpartner dengan Anne Bonny dalam menjelajah lautan.

Pada Oktober 1720, kapal mereka diserang oleh kapal Jonathan Barnet dibawah perintah Gubernur Jamaika. Karena kebanyakan kru Jack sudah mabuk, mereka tidak bisa memberikan banyak perlawanan.

Kapten Jack dan semua krunya menyerah. Mereka semua dibawa ke Jamaika untuk diadili. Jack dihukum mati dan langsung dieksekusi, semantara Read dan Bonny memohon penundaan hukuman mati karena sedang hamil.

Serangan demam membuat Read tidak mampu bertahan akhirnya meninggal di penjara Jamaika pada 1721 sebelum anaknya lahir. Sedangkan kabar mengenai Bonny masih simpang siur, ada yang mengatakan ia juga meninggal tidak lama setelah Read, ada yang mengatakan dia hidup sampai usia 84 tahun dan wafat di Carolina Selatan.

Kisah dua bajak laut perempuan ini ada di antara kisah bajak laut perempuan lainnya. Ada bajak laut  Ching Shih yang sangat sadis dari China, juga yang terkenal dari Prancis, Jeanne de Clisson.

Kisah sejarah bajak laut perempuan popular di masanya. Namun tidak cukup bertahan. Bahkan sedikit sekali yang tahu bahwa pernah ada sosok bajak laut perempuan. Mereka tenggelam seiring berjalannya waktu.

Kisah bajak laut perempuan ini menginspirasi Disney untuk memproduksi film tentang bajak laut, mengulang kesuksesan Pirates of the Caribbean yang diperankan dengan apik oleh Johnny Depp sebagai Kapten Jack Sparrow.

Karena film yang akan dibuatnya ini tentang bajak laut perempuan, maka pilihan Disney jatuh kepada Margot Robbie. Penulis naskah 'Birds of Prey', Christina Hodson, dengan sangat gembira menyambut baik bahwa pemeran utama karya yang ditulisnya adalah Margot.

Kabar bahwa Margot Robbie yang akan memerankan bajak laut ini belum ditanggapi oleh pihak Disney, dikutip dari Cinema Blend.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

Jokowi: Saya Tidak Tahu Sebabnya Apa, Minggu-minggu Terakhir Ini Masyarakat Khawatir Covid-19

Senin, 03 Agustus 2020
Video

FRONT PAGE | CATATAN KAMI, Dr Ahmad Yani

Jumat, 07 Agustus 2020

Artikel Lainnya

Tewasnya Bom Seks Hollywood Paling Populer Marilyn Monroe Dan Nama Besar Keluarga Kennedy
Histoire

Tewasnya Bom Seks Hollywood ..

05 Agustus 2020 14:16
Karya Seni Islam Kuno Buktikan Hubungan Erat Kaum Muslim Dengan Dunia Barat
Histoire

Karya Seni Islam Kuno Buktik..

31 Juli 2020 11:41
28 Juli 1821 Saat José de San Martín Menyatakan Kemerdekaan Peru Atas Spanyol
Histoire

28 Juli 1821 Saat José de S..

28 Juli 2020 06:06
Kematian Egon Scotland Satu-satunya Kasus Kejahatan Perang Yugoslavia Terhadap Jurnalis Yang Berhasil Terungkap
Histoire

Kematian Egon Scotland Satu-..

27 Juli 2020 06:17
Syaikh Seraj Hendrick Tokoh Agama Yang Tegakkan Prinsip, Bukan Untuk Keuntungan Partisan Politik
Histoire

Syaikh Seraj Hendrick Tokoh ..

25 Juli 2020 06:10
Perang Austro-Prusia 1866: Kekalahan Austria Dan Bersatunya Wilayah-wilayah Kekuatan Jerman
Histoire

Perang Austro-Prusia 1866: K..

21 Juli 2020 07:42
Armenia-Azerbaijan Dalam Lingkup Nagorno-Karabakh,  Dunia Kecil Yang Menyimpan Api Dalam Sekam
Histoire

Armenia-Azerbaijan Dalam Lin..

15 Juli 2020 06:47
Kisah Cinta Fidel Castro - Anna Maria: Rahasia Dan Agama
Histoire

Kisah Cinta Fidel Castro - A..

11 Juli 2020 06:46