Kepolisian Negara Republik Indonesia
HEAD POLRI

Laporkan Pemudik Yang Ngeyel Ke Polsek Terdekat

Sosialisasi Polsek Kutoarjo antisipasi pemudik yang malas lapor petugas/RMOLJateng

Arus mudik para perantau dari ibukota Jakarta ke daerah masing-masing bukan sesuatu yang mudah diantisipasi. Alasan utama mereka karena tempat bekerja yang ditutup seiring imbauan pemerintah untuk lebih banyak beraktivitas di rumah.

Kehadiran para perantau ini tentu membawa risiko penyebaran virus corona di tempat asal mereka. Hal ini telah diantisipasi pihak kepolisian dengan lebih menintensifkan sosialisasi ke masyarakat.

Seperti yang dilakukan petugas Polsek Kutoarjo dari Polres Purworejo yang terus melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19. Polisi berkeliling ke pelosok-pelosok rumah warga di tiga Desa Wirun, Tursino, dan Karangrejo, Kecamatan Kutoarjo.

Petugas membagikan selebaran berisi cara mencuci tangan, etika batuk, protokol kedatangan di rumah sehabis bepergian, jenis-jenis desinfektan, dan hal-hal penting lainnya.

Sosialisasi dipimpin Wakapolsek, Iptu Dyah Ayu, dibantu dua orang Bhabinkamtibmas dan petugas kesehatan UPT Puskesmas Wirun.

"Tiap hari kami harus berkeliling untuk menyosialisasikan bagaimana meminimalisir penyebaran virus corona," jelas Dyah Ayu, dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

Wakapolsek juga meminta agar pemudik untuk kooperatif, segera lapor ke Puskesmas setempat. Kalau tidak mau, harus isolasi mandiri selama 14 hari sejak kedatangan.

"Kalau ada yang 'ngeyel' tidak mau lapor, warga lapor saja kepada Polsek atau Bhabinkamtibmas agar segera ditindaklanjuti. Karena garda terdepan pencegahan adalah masyarakat itu sendiri," kata Dyah Ayu.

Sementara itu, salah seorang pedagang buah di Pasar Gembor, Desa Wirun, Surani, mengaku sangat terbantu dengan selebaran yang dibagi.

"Sebelumnya belum tahu tentang apa yang harus dilakukan untuk mencegah virus. Kalau corona sudah sering dengar dari berita. Baru tahu sekarang ini disinfektan itu apa dan bagaimana saat sampai rumah. Terima kasih, sosialisasi seperti ini sangat penting," ucap warga Desa Karangduwur, Kecamatan Kemiri tersebut.
EDITOR: AGUS DWI

Artikel Lainnya

Kepolisian Negara Republik Indonesia