Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pegawai Bank Penjual Data Ilham Bintang Punya Dua Karyawan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 05 Februari 2020, 15:36 WIB
Pegawai Bank Penjual Data Ilham Bintang Punya Dua Karyawan
Komplotan pelaku pembobol rekening Ilham Bintang/Net
rmol news logo Delapan pelaku pembobolan rekening milik wartawan senior Ilham Bintang berhasil ditangkap. Salah satunya merupakan pegawai BPR (Bank Perkreditan Rakyat) Pratama bernama Hendri Budi Kusumo.

Kepala Unit 2 Sub Direktort 4 Jatanras Polda Metro Jaya Kompol Hendro Sukmono menjelaskan peran Hendri dalam kasus pembobolan rekening milik Ilham Bintang ini.

Di bank BPR Pratama, kata Hendro, warga Cipinang Besat Utama, Jatinegata itu merupakan seorang IT. Dengan posisinya ini, Hendri dengan mudah mengakses Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Memang bank diberikan akses oleh OJK,” kata Hendro kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (5/2).

Hendro menjelaskan, OJK memberikan kewenangan bagi setiap bank mengakses SLIK, tujuannya untuk mengetahui atau memprofiling calon nasabah yang ingin mengajukan kredit, sehingga bank memiliki profil nasabahnya.

“Nah salahnya oknum ini memperjualbelikan akses tersebut ke beberapa pihak yang tidak bisa dipertanggungjawabkan,” jelas Hendro.

Tersangka Hendri ini menjual SLIK tidak hanya kepada Desar alias Erwin saja melainkan dijual bebas melalui sosial media Facebook yang dibuatnya dengan nama Jual Database Nasabah, Jual Database Nasabah Prioritas, dan Jual Database Nasabah Perbankan.

“Kami lidik, kami dalami HP-nya ternyata banyak kontak number yang berhubungan dengan H (Hendri) ini. Si H tidak mau tahu siapa yang beli,” urai Hendro.

Bahkan, sambung Hendro, karena pembeli data nasabahnya semakin banyak, Hendri turut mempekerjakan dua karyawan lainya yakni Rifan Adam Pratama dan Heni Nur Rahmawati.

“Dari Januari sampai desember 2019 dia jual 100 ribu perdata nasabah,” ungkap Hendro.

Adapun delapan tersangka yang telah ditangkap adalah Desar alias Erwin (warga Tulung Selapan, Sumatera Selatan); Toti Rosmiwati (warga Cipayung, Depok); Wasno (warga Pesanggrahan, Jakarta Selatan); dan Arman Yuniarto (warga Pesanggrahan, Jakarta Selatan).

Selanjutnya, Jati Waluyo (warga Cileduk, Tangerang); Hendri Budi Kusumo (warga Bojong Gede, Bogor); Rifan Adam Pratama (warga Kemayoran, Jakarta Pusat); dan Heni Nur Rahmawati (warga Tambun Utara, Bekasi). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA