Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KTP Palsu Ilham Bintang Dibuat Di Ciledug

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 05 Februari 2020, 14:48 WIB
KTP Palsu Ilham Bintang Dibuat Di Ciledug
Jumpa pers soal pembobolan rekening Ilham Bintang/RMOL
rmol news logo Ibarat kapal yang melaut, rencana membobol rekening wartawan senior Ilham Bintang yang dikomandoi Desar alias Erwin seperti mendapat dukungan angin.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ini lantaran setelah Desar mendapat data nasabah di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dari pegawai bank BPR Bintara Pratama Sejahtera bernama Hendra Budi, di saat yang hampir bersamaan Ilham Bintang sedang berada di Australia.

Di saat itu, simcard Ilham Bintang mati. Sementara Desar langsung mengutus anak buahnya untuk mengganti simcard ke gerai Indosat.

Mulailah tersangka Teti Rosmiawati (T), tersangka Wasno (W) dan Arman Yunianto menjalankan perannya.

“Mereka mendatangi gerai salah satu provider selular Indosat di Mal Bintaro Jaya Xchange, Tangerang Selatan, Banten untuk melakukan pergantian simcard,” tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (5/2).

KTP palsu sebagai syarat pergantian simcard pun disediakan. Mereka membuat KTP palsu ke warga kelurahan Sudimara, Ciledug, Kota Tangerang, Banten, bernama Jati Waluyo.

Setelah KTP palsu di tangan, Teti Rosmiawati diperintahkan ke gerai Indosat membuat duplikat kartu Ilham selama masih mati. Wasno dan Arman berperan sebagai pembuat aduan palsu di gerai provider.

“Caranya bekerja sama dengan J (Jati Waluyo) adalah membuat KTP, teknisnya dari KTP bekas, KTP palsu itu fotonya tersangka Arman dan data-datanya milik Ilham Bintang," urai Yusri.

Usai tim yang diawali Teti berhasil menduplikasi simcard milik Ilham Bintang, mulailah tersangka Desar alias Erwin masuk mencari atau mengakses email Ilham Bintang untuk menjebol M Banking.

"Tersangka D (Desar) mulai masuk aplikasi Yahoo untuk tahu email Ilham, pasword bisa direset karena telah memperoleh nomor baru setelah email terbuka, terbukalah data bank, jadilah dua rekening (Ilham Bintang) habis terkuras," pungkas Yusri.

Melalui SIM card yang sudah beralih tangan itu, rekening Ilham Bintang di Commonwealth Bank dibobol menggunakan internet banking.

Sementara pihak Commonwealth Bank tidak memberi peringatan transaksi tidak wajar kepada Ilham, di mana ada 94 transaksi terjadi dalam waktu dua hingga tiga jam. Ilham mengalami kerugian secara materi hingga ratusan juta rupiah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA