Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang HUT OPM, Polri Kedepankan Langkah Preventif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 22 November 2019, 23:07 WIB
Jelang HUT OPM, Polri Kedepankan Langkah Preventif
Karo Penmas Brigjen Argo Yuwono/RMOL
rmol news logo Upaya-upaya persuasif dilakukan oleh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan menjelang hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Kita melakukan upaya preventif di sana. Kita melakukan pendekatan-pendekatan, sambang ke Papua sana, kita intens bangun komunikasi,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di Jakarta, Kamis (22/11).

Selain itu, upaya lain yang dilakukan ialah menggelorakan ke seluruh masyarakat Papua bahwa bumi cendrawasih itu merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kepada masyarakat di sana, supaya nanti bisa menambah penguatan bagi masyarakat Papua dan dibantu oleh TNI Polri untuk meyakinkan Papua adalah bagian dari negara kita,” pungkas Argo.

Di sisi lain, Polri, kata Argo, tengah melakukan kajian intelijen untuk memetakan kerawanan di wilayah Papua jelang HUT OPM pada 1 Desember 2019 mendatang.

Menurutnya, hingga saat ini sudah ada sebanyak 6.000 personil TNI-Polri yang berjaga di wilayah Papua untuk mengantisipasi setiap gangguan keamanan di wilayah Papua.

"Jadi masih dikaji oleh Intelijen ya. Kalau dirasa pengamanannya kurang, Polda Papua akan kirim surat ke Mabes Polri untuk memberikan bantuan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA