Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sikap Oposisi Amien Rais Dan Drajad Wibowo

Sabtu, 16 November 2019, 22:27 WIB
Sikap Oposisi Amien Rais Dan Drajad Wibowo
Amien Rais/Net
PARTAI Amanat Nasional (PAN) adalah suatu partai Yang dilahirkan dari Ijtihad Politik Ketua Umum Muhammadiyah saat itu Amien Rais. Dalam perjalanan panjangnya PAN mengalami dinamika pergolakan sebagai partai politik.

PAN sejak mengikuti pemilihan Umum tahun 1999 sampai Pemilu tahun 2014 PAN berada di koalisi pemerintahan. Dalam Pilpres 2019 yang baru berlalu, PAN sudah bertekat untuk menjadi partai di luar pemerintahan atau dalam istilah Politik adalah partai oposisi sebagaimana sikap Amien Rais selaku Ketua Dewan Kehormatan dan Pendiri Partai.

Harus kita pahami bersama, sikap politik Amien Rais yang menginginkan PAN di berada di luar pemerintahan (oposisi) akan ditentukan oleh siapa yang terpilih menjadi Ketua Umum dalam Kongres PAN yang akan dilaksanakan tahun 2020 yang akan datang. Dinilah dibutuhkan sosok seorang Dradjad Wibowo.

Seperti Kita ketahui, Dradjad Wibowo  adalah satu satu pimpinan dan tokoh PAN yang mengatakan sikap sebagai oposisi. Sikap yang diambil seorang Dradjad Wibowo tentu tidak terlepas dari sikap Amien Rais. Sebagai seseorang loyalis sejati Amien Rais, beliau sangat hormat dan patuh serta selalu berada di samping tokoh Muhammadiyah tersebut dalam kondisi apapun.

Termasuk saat akan terjadi indikasi kriminalisasi dengan diperiksanya Amien Rais menjelang Pilpres, Dradjad Wibowo selalu bersama dan setia mendampingi. Berapa kali, saya berjumpa untuk berdiskusi masalah kebangsaan beliau selalu mengatakan sebagai santri Amien Rais.

Sebagai santri yang baik beliau mengatakan harus menjaga dan setia kepada guru atau kiai dalam kondisi apapun. Sebagai kader Muhammadiyah, saya sangat terkejut atas sikap kesetiaan Dradjad Wibowo, karena sikap tersebut melebihi dari sikap seorang kader Muhammadiyah.

Oleh karena itu jika Amien Rais ingin PAN terus berada di luar pemerintahan (oposisi) harus menjadikan Dradjad Wibowo sebagai Ketua Umum PAN pada Kongres PAN tahun 2020 yang akan datang. Bila yang terpilih adalah sosok yang lain maka tidak ada jaminan PAN akan berada di luar pemerintahan.

Apalagi sikap oposisi  ini menjadi sikap yang di inginkan oleh seluruh kader PAN di Indonesia, sikap ini juga tidak terlepas  setelah melihat jalannya pemerintahan selama ini. Amien Rais sebagai pendiri partai punya kewajiban suci menyelamatkan partai dengan menjadikan Dradjad Wibowo sebagai Ketua Umum PAN.

Semoga Tulisan dan catatan singkat ini dapat menjadi sumbangsih penulis sebagai kader Muhammadiyah yang juga sangat hormat dan sayang kepada Ayahanda Amien Rais. Sosok beliau sangat dihormati warga Muhammadiyah seluruh Indonesia.rmol news logo article

Amirullah Hidayat
Penulis adalah koordinator Korsa/Kader Muhammadiyah



Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA